Mengapa kita harus Mendukung Pendidikan Anak Perempuan

0
Foto : Ist

Pentingnya pendidikan bagi setiap anak baik laki-laki maupun perempuan. Dan yang sangat menyedihkan bahwa adanya beberapa komunitas masih mendiskriminasikan pendidikan bagi anak perempuan.

Tercatat ada sejumlah 57 juta anak di seluruh dunia tidak bersekolah. Berdasarkan laporan itu, Anak-anak Masih Berjuang untuk bersekolah, menemukan bahwa 95% dari 28,5 juta anak yang tidak mendapatkan pendidikan sekolah dasar tinggal di negara berpenghasilan rendah dan menengah – 44% di Afrika sub-Sahara, 19% di selatan dan barat Asia dan 14% di negara-negara Arab, kata UNESCO.

Mari kita lihat beberapa alasan mengapa anak perempuan harus mendapatkan pendidikan.

1. GENERASI PENDIDIKAN MASA DEPAN – Sebuah pepatah Afrika mengatakan, Jika kita mendidik seorang anak laki-laki, kita mendidik satu orang. Jika kita mendidik seorang gadis, kita mendidik sebuah keluarga . Dengan mengirim seorang gadis ke sekolah, dia jauh lebih mungkin untuk memastikan bahwa anak-anaknya juga menerima pendidikan. Seperti banyak klaim, berinvestasi dalam pendidikan anak perempuan adalah berinvestasi di suatu negara.

2. KURANGKAN KEMATIAN BAYI: Anak-anak dari wanita berpendidikan cenderung meninggal sebelum ulang tahun pertama mereka. Anak perempuan yang menerima p endidikan kecil kemungkinannya untuk terkena HIV & AIDS, dan dengan demikian, kecil kemungkinannya untuk menularkannya kepada anak-anak mereka. Pendidikan dasar saja membantu mengurangi angka kematian bayi secara signifikan, dan pendidikan menengah bahkan lebih membantu. Girls Global Education Fund melaporkan bahwa ketika seorang anak dilahirkan oleh seorang wanita di Afrika yang belum menerima pendidikan, ia memiliki peluang 1 banding 5 meninggal sebelum usia 5 tahun.

3. KURANGI MORTALITAS MATERNAL: Wanita berpendidikan (dengan pengetahuan lebih besar tentang perawatan kesehatan dan kehamilan ) lebih kecil kemungkinannya meninggal selama kehamilan, persalinan, atau selama periode. Peningkatan pendidikan anak perempuan juga menyebabkan lebih banyak penyedia layanan kesehatan wanita untuk membantu perawatan medis prenatal, persalinan , komplikasi persalinan dan kedaruratan, dan perawatan lanjutan.

4. PERSIAPAN UNTUK SEKOLAH : Anak perempuan melakukan yang terbaik ketika mereka menerima perawatan anak usia dini, yang meningkatkan harga diri mereka dan mempersiapkan mereka untuk seolah.

Begitulah pentingnya pendidikan bagi seorang perempuan. Tanggung jawab yang besar, yang kemudian menjadi sebuah alasan wajib bagi perempuan untuk menempuh pendidikan setinggi mungkin.

Oleh : Nelly  Sumarni Mahasiswa STEI SEBI