Mengganggu Aliran Sungai, DPUPR dan DKLH Depok Terjunkan Satgas Bersihkan Sampah

0
Satuan petugas (Satgas) DPUPR dan DKLH terjun ke sungai bersihkan sampah

Depok – untuk mengantisipasi penumpukan sampah sehingga mengangguan aliran air sungai, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) bersama Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup (DKLH) kota Depon terjunkan sebanyak dua regu Satuan Tugas (Satgas)

Kepala DPUPR Kota Depok, Dadan Rustandi mengatakan, Para satgas turun langsung membersihkan sampah yang mengganggu aliran air di dua titik saluran Kali Cabang Tengah (KCT). Dua titik tersebut antara lain KCT Simpang Lima dan KCT Tanah Baru, Kecamatan Beji.

“Dua regu Satgas yang terdiri dari 20 personel kita libatkan untuk membersihkan di dua titik saluran KCT. Karena ini akan mengganggu aliran sungai,” ujar kepada sketsa Jumat (14/02/20).

Dikatakannya, untuk memudahkan kinerja Satgas, pembersihan dikerjakan di hilir kali. Pekerjaan sudah dilakukan selama empat hari dan terus berlanjut hingga tidak ada lagi tumpukan sampah di lokasi tersebut.

“Memang tidak bisa langsung tertangani semuanya. Tapi, kami terus berupaya melakukan pembersihan sampah setiap harinya. Kami juga menyediakan dua unit truk untuk mengangkut sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung,” katanya.

Pada keaempatan sama, Kepala Bidang Kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Iyay Gumilar menambahkan, pihaknya juga menerjunkan sebanyak 14 petugas kebersihan untuk membantu membersihkan saluran KCT. Dalam satu hari, pihaknya mengaku bisa mengangkut sampah hingga 10 ton.

Untuk itu, dirinya juga meminta masyarakat agar meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan. Yaitu dengan tidak membuang sampah ke kali.

“Memastikan saluran kali tidak tersumbat, memang menjadi tugas kami. Tapi, kami juga minta masyarakat lebih memahami akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya karena jika banjir, mereka juga yang akan terkena imbasnya. Mudah-mudahan perilaku masyarakat bisa berubah,” tutupnya. (dot)