METODE PENGOBATAN NABI

0

Ilustrasi

Metode pengobatan Nabi adalah cara yang dianjurkan dan direkomendasikan oleh Nabi Muhammad kepada umatnya dalam mengobati penyakit baik penyakit ruhaniyah maupun penyakit jasmania.

Penyakit jasmaniah adalah penyakit yang menyerang kondisi fisik atau badanmanusia, misalnya batuk, demam, buta, pincang dan lain sebagainya.

Pengobatan jasmaniah ada dua yaitu,sistem pengobatan yang telah Allah ilhamkan kepada manusia dan binatang, pengobatan ini tidak memerlukan penangganan tenaga medis, seperti rasa lapar, rasa haus, rasa kedinginan, dan rasa capek. Yang kedua yaitu pengobatan yang membutuhkan analisa dan diagnosa, seperti pengobatan penyakit-penyakit yang serumpun yang menyerang pencernaan hingga tubuh tidak stabil.

Nabi bersabda bahwa Allah menurunkan penyakit pasti memiliki obatnya, seperti dalam hadis nabi.

لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ، فَإِذَا أَصَابَ الدَّوَاءُ الدَّاءَ، بَرَأَ بِإِذْنِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ
“Setiap penyakit pasti memiliki obat. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya maka dia akan sembuh dengan seizin Allah Subhanahu wa Ta’ala.” (HR. Muslim).

Karna didalam diri manusia terdapat tiga unsur,yaitu unsur tanah, unsur air dan unsur udara, maka nabi mengajarkan kepada umatnya untuk membagi ketiga unsur tersebut didalam tubuhnya. Menurut medis juga memiliki unsur api, namun unsur api disini bukan bersifat materi melainkan hanya berupa reaksi. Api merupakan salah satu dari empat unsur sixtosit(unsur substansial) pada tubuh.

Metode pengobatan nabi untuk penyakit fisik ada tiga, yaitu pengobatan dengan obat-obatan alami. Ilahi yang tunggal, ramuan dan obat-obatan priban tradisioal dan obat-obatan dan makanan tunggal yang disebutkan oleh nabi.

Contoh pengobatan dengan obat-obatan alami, seperti saat terserang penyakt demam,nabi menganjurkan untuk mengkonsumsi madu, habbatusaudah dan angkak. Namun demam juga dapat bermanfaat bagi tubuh yaitu dapat menjadi obat bagi tubuh utuk menjadi faktorpematang berbagai unsur berat yang hanya bisa matang dengan demam tersebut.

Contoh pengobatan rohani ilahi yang tunggal, ramuan dan obat-obatan tradisional, misalnya terapi terhadap penyakit ‘ain, terapi pada penyakit ini dengan cara meruqyah dengan mandi menggunakan air sebaskom, lalu meletakkannya dimulut, setelah itu berkumur-kumur, lalu menyemburkan kebaskom air yang telah dikumur-kumur tadi, dan membasuh wajahnya dengan air baskom yang telah dicampur dengan air kumur-kumur , lalu memasukkan tangan kirinya kedalam baskom lalu mengguyurnya ke lutut kanannya dengan air, kemudian menggunakan tangan kanannya dan menyiramkan air baskom itu kelutut kirinya, baru kemudian membasuh bagian tubuh dibalikkan namun baskom itu tidak usah diletakkan diatas tanah atau diatas lantai, setelah itu sisa air diguyurkan kekepala orang yang terkena penyakit ‘ain tersebut dari belakang dengan satu kali guyuran.

Contoh pengobatan dengan makanan tunggal, misalnya dengan itsmid, yaitu sejenis batu hitam untuk bahan dasar celak yang komposisinya dari unsur dingin dan kering, yang berkhasiat menjaga dan memperkuat mata serta mengencangkan syaraf mata, menjaga kesehatan mata, dan menghilangkan daging seperti bisul dan koreng pada mata.

Al-Jauziyah Ibnu Qayim. Maret 2004. Metode Pengobatan Nabi(edisi lengkap).

Oleh : Wafa Raihany Mahasiswi Kampus STEI SEBI.