Minim Keamanan dan CCTV, Motor Diparkir Depan Kios Raib

0

Pacitan, Sketsaonline.com,–Diparkir di depan kios pakaian milik sauadara di Pasar Minulya, Kelurahan Baleharjo, Pacitan, sepeda motor jenis Honda Scoopy berwarna putih-hitam dan bernomor polisi AE 5395 XZ raib keberadaannya.

Kejadian tersebut dialami Astin pada Senin (18/03/2019) kemarin, salah satu pedagang di Pasar Minulya. Ia tidak mengira akan kehilangan motor yang sehari-harinya dipakai untuk beraktivitas ke pasar.

“Padahal parkirnya di depan kios saudara saya, kondisi juga ramai dan bisa dilihat orang banyak. Saya cari di sekitar pasar, tanya ke penjaga karcis tidak ada yang tahu,” ungkap Astin, warga Kelurahan Baleharjo.

Pihaknya pun sudah melaporkan kejadian yang menimpanya tersebut ke pihak berwenang, dalam hal ini Polisi. Ia pun sangat berharap, motor tersebut untuk segera ditemukan. “Sudah lapor Polisi, mudah-mudahan segera ketemu,” imbuhnya.

Sementara, sejumlah pedagang lainnya di pasar tradisional tersebut mengaku khawatir jika hal yang sama akan terulang kembali. Mengingat, minimnya keamanan pasar.

“Khawatir jelas ada, karena di sini yang ada cuma petugas karcis tiket masuk dan tidak ada scurity. Setahu saya baru kali ini motor hilang, tapi beberapa waktu lalu, ada juga barang dagangan hilang, seperti pakaian dan lainnya,” ujar Isti (46), pedagang lainnya.

Menanggapi hal tersebut, Supomo, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pacitan mengakui, jika sistem keamanan di Pasar Minulya masih minim. Namun, hal tersebut akan dijadikannya sebagai bahan pertimbangan untuk evaluasi Disperindag selaku pihak pengelola pasar tradisional.

“Hampir seluruh pasar tidak ada petugas keamanan, hanya petugas karcis dan juga belum ada Closed Circuit Television (CCTV),” katanya, kepada Sketsaonline.com Rabu, (20/03/2019).

Supomo menambahkan, demi kenyamanan pedagang maupun pengunjung di pasar tradisional tersebut, pihaknya berjanji ke depan akan memprioritaskan tingkat keamanan pasar.

“Kami akan evaluasi dulu dan akan kita progamkan baiknuntuk pengamanannya ataupun lainnya, insyaallah ini akan jadi prioritas,” pungkasnya. (Sigit)