Musrenbang Desa Sumber Salam Bidik Ekonomi Mandiri Dan Penguatan Budaya

0

Bondowoso| Sketsaonline. com – Desa Sumber Salam Kecamatan Tenggarang melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa Tahun 2021 dan (Draft Usulan) DU Musrenbang Kecamatan Tahun 2022.

Musyawarah tersebut melibatkan seluruh unsur perwakilan dari masing-masing dusun di Desa Sumber Salam. Turut juga dihadiri tokoh Masyarakat, tokoh pemuda, serta tim kesehatan Desa Setempat.

“Musrenbang desa dimulai dengan melaksanakan penggalian gagasan langsung ke masyarakat melalui musyawarah tingkat dusun. Gagasan-gagasan itu telah kami bahas bersama dengan kader Pemberdayaan Masyarakat Desa,” Terang Imam Muhlis, SP. Selaku Kepala Desa Sumber Salam, Rabu (20/01).

Muhlis menjelaskan, program perencanaan desa berfokus pada pertanian ramah lingkungan selain tetap melanjutkan pembangunan sejumlah program pokok, seperti pembangunan infrastruktur jalan.

“Masyarakat Kita kan mayoritas di pertanian, jadi salah satu titik fokus kita adalah perbaikan alat pertanian yang ramah lingkungan,” Katanya.

Muhlis juga berharap, dana desa nantinya dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk pemandirian ekonomi, terutama bagi masyarakat Desa Sumber Salam yang notabene petani.

“Kita harap dana desa ini bisa menjadi dorongan untuk masyarakat Sumber Salam dalam membangun kemandirian ekonomi kedepan,” Sebut Kades Sumber Salam.

Sementara itu, Camat Tenggarang, Jakfar Shodiq, dalam Musrenbangdes menekankan pentingnya penguatan lembaga dan pelestarian lingkungan hidup dalam prioritas penggunaan dana desa, sesuai Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020.

“Perlunya kita menjaga budaya sehingga tidak tergerus arus keterbukaan informasi publik, tetapi kita juga tidak boleh tertutup sehingga diperlukan penguatan-penguatan kelembagaan yang harus dijaga,” Ujarnya.

( Bam” S ).