Musrenbangdes 2022, Kades Kretek Pacu Pemulihan Ekonomi Masyarakat Desa

0

Bondowoso| Sketsaonline. com – Kepala Desa Kretek Kec. Taman Krocok, SUgianto meminta perangkat desa untuk mulai menyusun prioritas program pembangunan tahun 2022 di wilayahnya dengan menitikberatkan pada upaya pemulihan ekonomi.

Hal itu disampaikan oleh Sugianto dalam musyawarah perencanaan pembangunan desa (musrenbangdes) untuk program tahun 2022, yang dipusatkan di Balai Desa Kretek, Kecamatan Taman Krocok, Rabu (20/01). Kegiatan tersebut diikuti oleh Babinsa Kretek, Serda Roby, babhinkamtibmas dan unsur masyarakat setempat

Kades Kretek mengatakan, program pembangunan 2022 memiliki tantangan tersendiri karena diprediksi, masa tersebut daerah tengah berada dalam masa recovery akibat pandemi Covid-19. Di antaranya adalah terkait anggaran yang masih terbatas karena dana transfer dari pusat juga berkurang.

“Anggaran yang terbatas tersebut harus disiasati dengan membuat skala prioritas sejak sekarang. Salah satunya, Kami harus membuat rencana pembangunan yang fokus dan berkelanjutan. Karena dampak pandemi ini semua anggaran menjadi berkurang, maka sebuah program yang belum selesai di tahun berjalan bisa dilanjutkan di tahun berikutnya untuk hasil maksimal,” Urai Sugianto.

Ia meminta secara khusus dirancang program pemulihan ekonomi yang berorientasi pada pembukaan lapangan kerja dan menggerakkan ekonomi warga di perdesaan. Program dari desa itu akan didukung sepenuhnya oleh pemerintah kabupaten.

”Secara khusus kita harus fokus pada upaya pemulihan ekonomi, setelah tahun depan Insya Allah secara bertahap mulai dilakukan vaksinasi secara bertahap hingga 2022 sesuai rencana pemerintah pusat,” Imbuhnya.

Selain merancang program yang fokus dan berkelanjutan, pihaknya juga meminta agar Pemdes menjadikan program kebersihan lingkungan dan pengolahan sampah menjadi program kerja desa. Desa yang bersih dan mampu mengelola sampahnya merupakan salah satu indikator sebuah desa yang maju. ( Bam” S ).