Nyaris Diamuk Warga, Anggota TNI Amankan Pelaku Pencurian

0
Foto: Istimewa

DEPOK – Redy Herdiyanto (47) terpaksa diamankan oleh Serda Joko, anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Koramil 02/Beji, Kodim 0508/Depok, di Jalan Nusantara, Pancoran Mas, Depok, Jumat (3/1/2019).

Saat diamankan, Redy Herdiyanto nyaris diamuk warga karena mencuri ponsel milik Sumasih (48), warga Jalan HM. Tohir, Pondok Cina, Beji, Depok.

“Saat saya milintas, saya melihat pelaku sedang dikerumuni warga yang hendak menghakiminya. Sontak saya turun dan mengamankannya,” kata Serda Joko.

Usai mengamankan pelaku, Joko bergegas menghubungi Babinsa setempat, yakni Serda Engki Nugroho, yang kemudian mengkomunikasikan dengan Brigadir Edi Kurniawan yang merupakan Bhabinkamtibmas Kelurahan Depok Jaya.

Didampingi Serda Engki Nugroho, Brigadir Edi Kurniawan membawa pelaku ke Pos Polisi dan akhirnya digelandang ke Mapolsek Pancoran Mas untuk diperiksa penyidik.

Terpisah, Kapolsek Pancoran Mas Kompol Roni Agus Wowor, membenarkan telah mengamankan Redy Herdiyanto karena diduga melakukan aksi pencurian.

Menurutnya, kejadian berawal kala Redy menaiki angkot yang sama dan duduk dekat Sumasih, memilih turun di Jalan Nusantara.

“Saat pelaku turun, sopir angkot memberitahukan korban yang baru pulang usai mengambil rapot anaknya, bahwa pria yang duduk di sampingnya merupakan copet,” kata Kapolsek.

Saat pelaku turun, kata dia, sopir angkot memberitahu korban kalau kemungkinan dia copet.

“Usai dikasih tahu, ibu ini langsung mengecek barang berharganya dan ternyata ponsel sudah hilang,” ujar Kapolsek, Jumat (3/1/2019).

Sadar jadi korban pencopetan, Sumasih bergegas turun dari angkot dan mengejar Redy yang berjalan kaki di Jalan Nusantara, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas.

Setelah berlari dan meneriaki Redy agar menghentikan langkahnya, Sumasih bertanya apakah benar dia yang mencuri ponselnya.

Ditanya Sumasih, Redy tak berkutik dan akhirnya menyerahkan ponsel Sumasih seraya berkilah barang tersebut dia temukan tergeletak di angkot sehingga dia amankan.

“Pas ketemu korban langsung bertanya di mana ponselnya. Pelaku terus mengembalikan ponsel korban. Dia beralasan ponsel korban tadi jatuh pas di angkot, terus dia amanin,” ujar Kapolsek.

Alasan Redy bahwa dia hanya menemukan ponsel Sumasih jatuh lalu mengamankannya tak dipercaya warga yang sudah berkerumun karena teriakan Sumasih sebelumnya.

Beruntung sebelum massa tersulut emosi, anggota Koramil 02/Beji Serda Joko sedang melintas di lokasi dan segera mengamankannya.

Pria yang mengaku berprofesi sebagai wiraswasta itu segera digelandang ke Pos Pol dan akhirnya digelandang ke Mapolsek Pancoran Mas untuk diperiksa penyidik.

“Sempat mau diamuk massa, tapi berhasil diamankan oleh Bhabinkantibmas dan Babinsa Kelurahan Depok Jaya. Sekarang sedang diperiksa penyidik Unit Reskrim Polsek Pancoran Mas,” pungkasnya. (Boy)