PANWASLU KEC. TEGALAMPEL GELAR BIMTEK DAN LANTIK 102 PENGAWAS TPS

0

BONDOWOSO| Sketsaonline. com – Sebanyak 102 Pengawas TPS ( PTPS ) se Kec. Tegalampel hari ini Senin ( 25/03 ) dilantik. Pelantikan serta Bimtek PTPS itu dilakukan oleh Panwaslu Kec. Tegalampel serta dihadiri oleh salah satu Komisioner Bawaslu Kab. Bondowoso yakni Ridwantoro divisi SDM.

Dalam sambutannya ia menegaskan agar PTPS yang hari ini sudah dilantik mampu menjalankan tugas dengan sebaik-sebaiknya, ” Serta mampu mengawasi setiap tahapan pelaksanaan pemilu, mulai dari pengiriman surat suara ke Tps sampai dengan pelaksanaan pemungutan suara, karena pemilu kali ini merupakan gabungan antara Pileg dengan Pilpres. ” Katanya.

Senada dengan yang dituturkan oleh Ketua Panwaslu Kec. Tegalampel, yakni Febri Erfenanto, bahwa tidak semua orang bisa menjadi bagian dari ujung tombak Bawaslu dan ini merupakan amanah yang diberikan oleh Bawaslu kabupaten kepada PTPS Tegalampel.

” Dan selamat bertugas mari kita jalankan tugas serta amanah ini dengan sebaik-sebaiknya serta menjungjung tinggi netralitas Kita sebagai Pengawas TPS. ” Tuturnya.

Selain itu, salah satu Anggota Panwaslu Kec. Tegalampel yaitu, Risky Amirul Ahmad juga menuturkan kalau pengawasan yang harus dilakukan, seperti pengawasan logistik di dalam maupun luar TPS dan pengawasan pada saat tahapan kampanye memasuki agenda rapat umum yang diselenggarakan mulai 24 Maret-13 April 2019.

“Selama masa 21 hari itulah, Kita bersama-sama melakukan pengawasan dalam rapat umum, apalagi saat ini serentak. Keserentakan Pileg dan Pilpres ini belum pernah dialami dan dibutuhkan kerja sinergitas dari Kita semua, sebagai Pengawas Pemilu, ” Tuturnya.

Ditempat yang sama, Camat Tegalampel, Sidik Waluyo, S Sos, MM, menuturkan, Kalau anggota pengawas TPS yang baru dilantik ini agar bekerja secara netral, optimal dan tidak berpihak kepada siapa pun.

“Bekerja sesuai aturan undang-undang pemilu yang berlaku, dan melaksanakan tugas serta fungsi sesuai dengan peraturan, dan sekali lagi harus netral, dan Saya ucapkan selamat atas dilantiknya 102 PTPS Kec. Tegalampel, ” Tuturnya usai pelantikan PTPS di Aula SDN 01 Sekarputih.

Bahkan ia menambahkan, netralitas pengawasan TPS perlu tetap ditegakkan demi masyarakat, juga bagi bakal calon pemimpin nantinya, ” Mereka sangat mengharapkan terselenggaranya pemilu yang jujur dan adil tanpa ada pihak yang dirugikan oleh pengawas TPS. ” Imbuh Sidik.

Sementara itu, Pantauan dari Sketsaonline, Prosesi pengambilan Sumpah/Janji dalam acara Pelantikan PTPS tersebut dipandu oleh Kepala KUA Kec. Tegalampel yakni Moch. Nurfauzan, S,Ag. MPdi. dan disaksikan oleh Muspika Kec. Tegalampel. ( Bam” S ).