Pasien Sembuh Covid-19 di Depok Makin Terus Bertambah

0
Walikota Depok Muhammad Idris (foto: Ist)

Depok – Berbagai upaya telah dilakukan untuk menekan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Depok semakin menunjukkan hasilnya. Salah satunya dari bertambahnya angka kesembuhan kasus pasien yang terkonfirmasi.

“Pasien sembuh dikira Depok sudah lebih tinggi dari pada angka kematian. Ada sejumlah 48 orang pasien dinyatakan sembuh. Sedangkan meninggal ada 20 orang,” kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris Jumat (08/05/20).

Dikatakan Mohammad Idris, untuk jumlah kasus konfirmasi sebanyak 339 orang. Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP) masih tersisa 1.612, dan Dalam Pengawasan (PDP) ada 765 Pasien

“Untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) tersisa 926 dari 1.364 jiwa,” ujarnya.

Selain itu lanjut Mohammad Idris, guna mempercepat pemulihan ODP, PDP, dan kasus positif, sesuai Keputusan Gubernur Jawa Barat, ditetapkan 10 RS rujukan. Yaitu RS Puri Cinere, RS Hermina, RS Melia, RS Sentra Medika, RS UI, RS Tugu Ibu, RS Bunda Margonda, RSUD Kota Depok, RS Bhayangkara Brimob dan RS Mitra Keluarga.

“Total tempat tidur isolasi COVID-19 sebanyak 354 tempat tidur. Pemerintah Kota Depok juga sudah menetapkan RS UI dan RS Bhayangkara sebagai RS Dedikasi COVID-19, “ ujarnya.

Lebih jauh Mohammad Idris menambahkan untuk merespons peningkatan kebutuhan layanan RS rujukan Covid-19, Pemkot Depok telah menetapkan RSUD Kota Depok sebagai RS Khusus Covid-19. Dengan demikian, layanan kesehatan lainnya dialihkan ke RS lainnya di sekitar Depok.

“Sedangkan bagi warga dengan status OTG, ODP dan PDP ringan, serta kasus konfirmasi yang tidak ada keluhan, yang tidak dapat melaksanakan isolasi mandiri di rumah, maka Pemkot Depok sudah bekerjasama dengan RS HGA untuk 16 tempat tidur dan RS Citra Medika untuk 79 tempat tidur,” paparnya. (Dris)