Pemkab Sorong Sosialisasi Penggunaan Anggaran

0


SORONG- Mewujudkan komitmen pembangunan dan tata pemerintahan yang bersih transparan dan akuntabel yang dapat dilakukan dengan mematuhi aturan dalam penganggaran, Penda Kabupaten Sorong menggelar sosialisasi tentang penggunaan anggaran.

Sosialusasi tersebut berlangsung di Aula Kantor Bupati Selasa,(19/2/19) mendatangkan dari Kementerian Dalam Negeri , sebagai pemateri diikuti OPD dan bendahara.

Bupati Sorong Johny Kamuru melalui staf ahli Bupati bidang pembangunan Surosa kepada Sketsa mengatakan, pada intinya sosialisasi ini dilaksanakan sangat penting untuk menghindari masalah dalam pemeriksaan berkaitan dengan peraturan bupati nomor 66 tahun 2018 tentang tata cara pergeseran anggaran dan peraturan menteri dalam negeri nomor 130 tahun 2018 tentang dana kelurahan.

Dijelaskan, selama ini pengelolaan keuangan maupun penganggaran telah berjalan optimal oleh sebab itu sosialisasi kedua aturan ini dapat seoptimal dalam penggunaan anggaran.

” Selama ini penggunaan anggaran telah berjalan optimal namun anggaran tertentu yang digeser dari mata anggaran tertentu ini yang harus dikelolah secara baij baik.Jika dikelolah secara baik maka tidak akan menimbulkan masalah saat pemeriksaan apalagi kita punya target WTP alias Wajib Tanpa Pengecualian ) tahun ke enam,” terang Suroso.

Sementara Kepala Badan Pengelolah Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sorong Ari Wijayanti mengatakan dengan sosialisasi ini maka OPD akan memahami betul aturan terkait dengan pergeseran anggaran sehingga dengan demikian maka tidak ada masalah di saat pemeriksaan.(jos)