Pencapaian Realisasi Anggaran Tertinggi Diantara K/L, Dirasakan Mensos RI Sangat Istimewa

0

JAKARTA, Sketsaonline – Bertepatan satu tahun masa bakti Juliari P. Batubara menjadi Menteri Sosial, pencapaian realisasi anggaran Kementerian Sosial RI sebesar 82,90 persen menurutnya, tak lepas dari kekompakan dan komitmen kuat dari jajarannya sehingga pencapaian ini terasa istimewa.

Pencapaian realisasi anggaran itu, katanya, memantapkan posisi Kemensos kembali menjadi Kementerian dengan realisasi tertinggi di antara K/L.

Apresiasi ini disampaikan Mensos Juliari pada Rapat Pimpinan Kementerian Sosial RI, Jumat (23/10/2020), di Bandung, Jawa Barat.

“Atas komitmen yang kuat, kekompakan dan kerja sama yang baik di semua jajaran maka, realisasi anggaran di Kemensos ini dapat tercapai. Oleh karena itu saya minta agar terus dipertahankan dan ditingkatkan,” ujar Juliari.

Tanpa kekompakan dan kerja sama yang baik, katanya lagi, hal ini sulit dicapai. “Ketika saya tiba di Kementerian Sosial, saya sudah merasa percaya dengan tim di sini. Dan saya bersyukur, teman-teman yang berada disini juga percaya dan bekerja sama penuh dengan saya,” ucapnya.

Juliari tak lupa juga mengingatkan jajarannya, bahwa waktu efektif untuk pengelolaan anggaran tersisa 40 hari lagi. Kepada para Pejabat Eselon I dan Eselon II, Juliari meminta, agar realisasi anggaran dijaga serta ditingkatkan.

“Per hari ini dengan anggaran senilai Rp 134,008 triliun, pencapaian realisasi anggaran Kemensos mencapai Rp 112,178 triliun atau sebesar 83,71 persen. Atas realisasi tersebut, Kemensos menempati posisi tertinggi diantara K/L. Kemensos juga tertinggi dari lima Kementerian yang mendapatkan anggaran terbesar. Yang tidak kalah penting realisasi anggaran Kemensos lebih tinggi dari realisasi rata-rata anggaran nasional sebesar 65,90 persen,” pungkasnya.

Juliari menerangkan, dari berbagai jenis belanja di Kemensos RI, belanja bansos mencatatkan realisasi tertinggi sebesar 84,90 persen, diikuti belanja pegawai sebesar 70,85 persen lalu belanja barang 58,24 persen, dan belanja modal 37,63 persen.

Dalam Rapat Pimpinan Bulan Oktober 2020 tersebut diikuti para pejabat Eselon I, II dan III dengan mematuhi protokol kesehatan, mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak. Peserta di dalam ruangan turut dibatasi, sebagian peserta mengikuti rapat melalui video jarak jauh.

Perlu diketahui, Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto sebelumnya memuji kinerja anggaran Kementerian Sosial. Di bawah kepemimpinan Menteri Sosial Juliari P. Batubara, penyerapan anggaran Kemensos adalah yang tertinggi di antara K/L serta tepat sasaran.

“Saya mengapresiasi kinerja Kementerian Sosial selama satu tahun terakhir. Kinerjanya bagus. Ditandai dengan tingginya serapan anggaran dan penyalurannya tepat waktu, ” kata Yandri.

Masih katanya, pagu untuk anggaran Kemensos pada tahun 2020 terus meningkat. Semula senilai Rp 62,7 triliun kemudian mengalami peningkatan menjadi Rp 104,4 triliun lalu Rp 124 triliun dan kini sebesar Rp 134,008 triliun.

“Meskipun anggaran terus meningkat disertai pencapaian realisasi anggaran yang tertinggi, pengelolaan anggaran di Kemensos tetap mematuhi prinsip-prinsip tata kelola anggaran yang transparan dan akuntabel,” tandasnya.

(JIMMY)

SUMBER BIRO HUBUNGAN MASYARAKAT KEMENTERIAN SOSIAL RI