Pendisiplinan Protokol Kesehatan Kota Sorong, 125 Pelanggar Kena Sanksi

0

SORONG www.sketsaonline.com- Sejak diterapkannya Peraturan Wailikota Sorong Nomor 17 Tahun 2020 tentang sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan,hingga saat berita ini diturunkan di dapati 125 jumlah pelanggaran.

Informasi resmi tersebut disampaikan juru bicara satuan tugas Covid-19 Kota Sorong Ruddy Laku di posko Covid-19 Selasa,(6/10/2020) dihadapan para awak media melalui keterangan pers.

Adapun jenis pelanggaran kata Rudy Laku, berupa sanksi berupa uang denda dengan total keseluruhan RP.10.000.000 dan uang tersebut sudah disetorkan ke kas daerah.

Uang denda sebanyak sepuluh juta ribu rupiah didapatkan dari sebuah Toko Jawa Timur dengan pelanggaran yang dikenakan,tidak mengatur jarak pengunjung saat berbelanja.

Sementara sanksi perorangan dikenakan sanksi kerja sosial selama 30 menit denda Rp.50.000, untuk pengelolah dan penanggung jawab tempat usaha dan fasilitas umum,sanksi pertama bentuk lisan dan tertulis dikenakan sanksi Rp 300.000 per pelanggaran,usaha menengah RP.1.000.000,usaha besar RP.2.000.000 kemudian apabila membandel dikenakan pemberhentian operasional sementara dilanjutkan pencabutan izin usaha.

” Sekali lagi,uang yang didapatkan dari sanksi di setor ke kas daerah,” kata Ruddy Laku.

Dari pantauan media ini,penegakan protokol kesehatan serta pemberian sanksi yaitu gabungan TNI dan Polri serta Satpol PP Kota Sorong.

Akhir jumpa pers Ruddy Laku menyampaikan,penambahan terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Sorong semakin tinggi,masyarakat diminta untuk lebih disiplin lagi dalam menerapkan protokol kesehatan ( joharman silaen)