Pengamat IPI : Prabowo-Sandi Akan Sulit Menggoyahkan Jokowi di Jateng

0
Dr Jerry Massie MA Ph.D Pengamat Politik dari Indonesian Public Institute (IPI)

Dua wilayah pemilihan yakni Jawa Timur (Jatim) dan Jawa Tengah diprediksi akan sulit bagi tim Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk menang.

Menurut pengamat politik Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie sulit dan berat menggoyahkan dominasi Jokowi di Jateng.

Lantaran kata Jerry, daerah ini basisnya PDI-P. Buktinya pada pilkada lalu Gerinda sulit menaklukan PDI-P.

“Memang agak berat untuk menaklukan Jokowi-Maruf berbeda dengan Jabar dan Banten peluang ada tapi Jateng dan Jatim agak berat. Tapi aspek politik probabilitas bisa saja terjadi tapi kecil,” kata dia.

Barangkali jika TKN kurang manuver ujar Jerry, bisa saja Prabowo-Sandi menang, tapi mereka sulit memang di Jateng yang notabene pemilih fanatik terhadap Jokowi. Mengingat Jokowi asal Solo, tidak mungkin dia kalah di kandangnya.

Peluang mereka urainya, tipis untuk bisa merebut basis moncong putih ini kecuali di daerah lain maka bisa saja terjadi.

“Ini bagaikan mimpi di siang bolong, juga fatamorgana,” tuturnya.

Apa pasal? lantaran jelasnya, secara average Jateng merupakan basis PDI-P dan PKB koalisi Jokowi, Apalagi PDI-P punya 19 kepala daerah di Jateng maka akan sulit bagi Prabowo-Sandi menang di wilayahnya Ganjar Pranowo ini.

Jerry mencontohkan kalau di Amerika Serikat (AS) seperti negara bagian Texas. Ini sejak dulu miliknya Grand Old Party (GOP) atau Partai Republik.

“Disini pada pilpres 2016 lalu dikuasai oleh Donald Trump. Diwiilayah ini basisnya red state, ada 38 electoral college. Nomor dua terbesar di bawah California 55 (Electoral college). Jadi Jateng sama persis dengan Texas,” Papar Jerry.

Sumber : dr Jerry Massie Pengamat Politik Indonesian Public Institute (IPI)