Peran Aktif Babinsa Paguan Kawal Penyaluran BLT DD Tahap 6

0

Bondowoso| Sketsaonline. com – Babinsa Paguan Koramil 03 Kodim 0822 Bondowoso Sertu Aten bersama Bhabinkamtimas kawal pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Desa Paguan, Kecamatan Taman Krocok, Kabupaten Bondowoso, Jum’at (27/11).

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa dan Bhabinkamtibmas memastikan penyaluran bantuan tersebut aman dan tepat sasaran. Penyaluran bantuan juga dilaksanakan sesuai protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Dijelaskan Sertu Aten, pembagian BLT-DD ini sesuai dengan Undang-undang Peraturan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendes PDTT) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020, sehingga menjadi dasar pembagian BLT tersebut kepada masyarakat yang kurang mampu dan terdampak dampak Covid-19.

Menurutnya, penyebaran Covid-19 telah berdampak bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat desa. Untuk membantu meringankan beban masyarakat terdampak Covid-19, pemerintah melalui dana desa menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tersebut.

“Metode dan mekanisme BLT-DD ini adalah untuk masyarakat yang kurang mampu terkena dampak Covid-19, yang dananya bersumber dari dana desa,” Terang Sertu Aten

Ia mengungkapkan, besaran jumlah BLT yang diberikan pemerintah kepada masyarakat yaitu Rp. 300 ribu per Kepala Keluarga.

“Bantuan ini disalurkan selama tiga bulan dengan tujuan membantu kebutuhan sehari-hari warga yang terdampak Covid-19. Semoga bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak Covid-19,” pungkasnya. ( Bam” S )