Peringati HUT RI Ke 74, Desa Bendelan Gelar Pawai Delman & Ziarah Makam Bujuk Kallim

0

Bondowoso| Sketsaonline. com – Dalam rangka memperingati HUT RI ke 74 Desa Bendelan Kec. Binakal kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

Acara yang diawali dari adanya kegiatan JJS ( Jalan-jalan Sehat ) itu berlangsung Minggu (18/08) pagi kemudian dilanjutkan dengan acara Sangger serta Tawassulan pada sore hari bertempat di Pendopo Balai Desa Bendelan. Dan dihadiri oleh Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Guru Ngaji dan Perangkat Desa.

Acara Sangger tersebut, menurut Kepala Desa Bendelan yakni Abdul Hamid, digelar, ” Sebagai wujud Syukur Masyarakat Bendelan yang selama ini telah dikaruniahi nikmat berupa Aman, Damai dan Tentram oleh Allah SWT. ” Katanya.

Dan tak cukup sampai disitu Senin (19/08) kembali dilanjutkan dengan acara Pawai Budaya Delman Start Pal 9 menuju ke Makam Bujuk Kallim, yang dikemas dalam kegiatan Ziarah Bersama ke Makam Bujuk Kallim oleh Kepala Desa dan jajaran Pemerintah Desa serta Muspika Kec. Binakal.

Dalam sambutannya Abdul Hamid mengatakan kalau membangun dan melestarikan Astah ini sebelumnya di Musyawarahkan bersama Tokoh Agama, Guru Ngaji dan Pemdes,

” Yaitu pada Tanggal 6 Agustus, dalam musyawarah tersebut telah disepakati oleh seluruh peserta yang terdiri dari Tokoh Masyarakat dan Guru Ngaji untuk Sholat Istiharoh.

” Pada Tanggal 9 Agustus tepatnya Pukul 21.00 Wib, dari hasil Istiharoh disepakatilah Bahwa Makam tersebut akan dibangun serta dilestarikan sebagai aset salah satu Wisata Religius yang ada di Desa ini. ” Tuturnya.

Ditempat yang sama Camat Binakal yakni Suhari LC, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah Desa Bendelan,

” Oleh karenanya, pemimpin yang ingat pada sejarah atau para pejuang yang dulu adalah contoh Pemimpin yang cinta terhadap Bangsanya, karena Bangsa yang besar adalah Bangsa yang ingat pada jasa-jasa para pahlawannya. ” Ujar Camat Binakal.

Sementara itu, setelah dari Makam Bujuk Kallim, rombongan Pawai Delman bergegas menuju ke Pendopo Balai Desa yang sudah di padati oleh Masyarakat Desa Bendelan, guna melanjutkan acara rutin Tahunan berupa Ancakan, ( Bam” S )