Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, Karutan Cilodong : Warga Binaan Diharapkan Rubah Stigma Buruk

0

DEPOK – Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, Bawono Ika Sutomo dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Selasa (20/11/2018), mengharapkan agar seluruh warga binaan yang dipimpinnya dapat merubah stigma buruk sebagai bekas narapidana saat kembali ke masyarakat.

Peringatan Nabi Muhammad SAW tahun 2018 ini, sambungnya, dihadiri ratusan warga binaan di Rutan Cilodong, Kota Depok, dengan mengikuti tausiah dan shalawat di Masjid Baitul Rachman.

“Dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2018 ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Rutan dan Lapas di seluruh Indonesia. Hal ini berdasarkan surat edaran Dirjen Pemasyarakatan yang kami terima,” tuturnya.

Ia memaparkan, kegiatan itu merupakan hasil kerjasama antara pihak Rutan dengan Yayasan At-Taubah dan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Baitul Rachman. Dengan melaksanakan tausyiah dan shalawat untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Saat ini ada sekitar 380 warga binaan yang jadi santri dan rutin mengikuti berbagai gelaran keagamaan di Hari Raya ini. Jadi warga binaan yang beragama Islam bisa ikut merayakan seperti umat Islam lainnya,” ungkapnya.

Lanjut Karutan, kegiatan tersebut dibantu DKM Masjid Baitul Rachman yang terdiri dari warga binaan di Rutan Cilodong. “Mereka dibina secara keagamaan agar kelak kembali ke masyarakat dapat bersosialisasi,” terangnya.

Dalam menyampaikan tausiah, Ustaz Abu Dais dalam memimpin shalawat menghimbau warga binaan agar dapat meneladani Nabi Muhammad SAW. Selain itu, warga dibinaan diharapkan apabila nanti bebas, dapat diterima oleh masyarakat luas.

“Di masyarakat terkadang masih ada stigma memandang mantan narapidana itu sebagai orang yang jahat. Makanya kalau bebas nanti diharapkan dapat membantu merubah stigma tersebut. Sebab, stigma itu masih melekat di masyarakat meskipun narapidana telah menjalani masa tahanan dan sudah dibina,” ungkapnya. (jim)