Plh Wali Kota Depok : Forum Renja Disrumkim Bisa Menjadi ‘Entry Poin’ Berikan Pelayanan kepada Masyarakat

0

Depok – Plh. Wali Kota Depok, Sri Utomo membuka rencana kerja (Renja) Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok tahun 2021 secara virtual di Aula Disrumkim Gedung Dibaleka II lantai V, Jumat (19/02/2021) dengan mengedepankan protokol kesehatan dan pembatasannya.

Dalam sambutannya Plh.Wali Kota Depok, Sri Utomo menyampaikan, atas nama pribadi maupun pemerintah sangat apresiasi terselenggaranya kegiatan forum PD ini. Berharap dapat menjadikan entry Point serta langkah-langkah yang baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Forum perangkat daerah adalah bagian dalam proses perencanaan pembangunan yang merupakan forum antar kepentingan dalam menyusun rencana kerja daerah (RKPPD) tahun 2022.” papar Sri.

Dikatanya, dalam forum Renja Disrumkim ini merupakan bagian penting meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dan diselaraskan dengan Visi Kepala daerah dan Wakil Kepala Daerah Terpilih, Kota Depok Maju Berbudaya dan Sejahtera.

“Prioritas pembangunan tahun 2022 meliputi pemulihan ekonomi, sosial dan kesehatan akibat dampak dari pandemi Covid-19, dengan pola pembelanjaan secara proporsional dan effektif serta pemenuhan mandatory.” ungkapnya

Lebih lanjut disampaikan berdasarkan Permenkes RI nomor 85/852/Menkes/SKI/2008 disebutkan bahwa suatu masyarakat dikatakan Open Defecation Free (ODF) jika, Semua masyarakatnya telah buang air besar di jamban yang sehat, kemudian Tidak terlihat tingginya disekitar kita artinya (harus ada penampungan dan bukan di air mengalir).

Selain itu harus ada penerapan sanksi peraturan dan upaya lain oleh masyarakat untuk mencegah BAB disembarang tempat. Selanjutnya Ada mekanisme monitoring umum yang dibuat oleh masyarakat untuk mencapai 100 persen kepala keluarga mempunyai jamban yang sehat.

“Kota Depok sudah mencapai 33 persen ODF tahun 2020, perlu totalitas dan strategi yang jelas untuk capaiannya”ujar Sri Utomo yang juga menjabat Plt Sekda kota Depok.

Dikatakannya, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Disrumkim dapat membantu tercapainya ODF, salah satunya pembangunan septic tank individu dan IPal Komunal.

“Lakukan sosialisasi agar masyarakat dapat melakukan pembangunannya secara mandiri, sosialisasikan juga menggunakan Masker, Mencuci tangan dengan sabun, Menjaga jarak, Mengindari kerumunan dan Membatasi mobilitas (5M).” Tegasnya.

Selain itu Sri Utomo yang juga sebagai Wakil Ketua Satgas Covid-19 kota Depok mengingatkan kembali, bahwa pandemi Covid-19 ini belum berakhir,

” saat ini Depok dalam posisi sedang (zona oranye), semoga pandemi Covid-19 ini segera berakhir”terangnya. (dotce)