PN Depok Diduga Vonis Pelaku Penggeroyokan Berbeda

0

IMG-20170219-WA0010DEPOK – Sketsa Online

Walaupun telah melakukan proses damai ternyata hukuman terhadap pelaku penggeroyokan yang disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Depok, Jawa Barat, mengalami perbedaan. Hal tersebut terlihat dari dua perkara yang teregister di PN Depok yaitu, Pid.B/643/PN DPK atas nama Jaka Ramdani, Andhika Alief Saputra, Dwi Cahyo Masaro, Arie Setiawan, Wahid Haji Putra dan Muhammad Taufik Saputra dengan Pid.B/689/PN DPK atas nama Irwansyah, Alfiansyah dan Rizky Aldian.

Karena dua perkara tersebut diketahui di dalam persidangan telah melakukan proses damai namun, tuntutan maupun vonis masing-masing perkara berbeda. Untuk perkara atas nama Jaka Ramdani dan kawan-kawan dituntut selama dua tahun penjara oleh JPU Hasudungan Sidauruk karena terbukti melakukan kekerasan secara terang-terang dan dengan tenaga bersama-sama sebagaimana diatur dan diancam Pasal Ayat (1) KUHP. Lalu divonis oleh majelis hakim Rizky Nazario Mubarak dengan anggota Sri Endang Teguh Asmarani dan Rosana Kesuma Hidayah sama seperti tuntutan JPU.

Sedangkan perkara atas nama Irwansyah dan kawan-kawan dituntut oleh JPU Putri Dwi Astrini selama satu tahun penjara lantaran terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan kekerasan secara terang-terang dan dengan tenaga bersama-sama sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 170 Ayat (1) KUHP. Kemudian divonis oleh majelis hakim I Putu Adi Antara dengan didampingi Yulinda Tri Murti Asih Muryati dan Hendra Yuristiawan selama sepuluh bulan penjara karena terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melakukan kekerasan secara terang-terangan dan dengan tenaga bersama-sama. (Jan)