Pokdakan Makmur Sejahtera Dapat Bantuan Indukan Lele dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim

0

Jatim – Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Makmur Sejahtera Dusun Ngatup Desa Kambingan, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, mendapat bantuan hibah dari Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur. Bantuan itu berupa 50 paket indukan ikan lele jumlah 250 ekor.

Kristiningsih, Ketua Pokdakan Makmur Sejahtera, menjelaskan bahwa bantuan 50 paket indukan lele tersebut selanjutnya disalurkan kepada 10 anggotanya yang masing-masing mendapatkan 25 ekor. “Selain mendapat bantuan hibah indukan lele, kelompok kami juga mendapatkan pakan pelet sebanyak 570 kg dan satu pompa disel air,” kata Ningsih, pada hari pekan lalu.

Menurut Ningsih, Kelompok Budidaya Ikan Makmur Sejahtera baru berdiri tahun 2019 lalu dan baru pertama kali mendapat bantuan hibah ini. “Sebelumnya, kolam ikan kami kelola sendiri-sendiri. Baru pada tahun 2019 lalu, kami membentuk kelompok dengan anggota 10 orang, dan selang beberapa bulan kami mengajukan bantuan kepada Dinas Perikanan Kabupaten Kediri dan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur,” terang Ningsih.

Ditambahkan oleh Ningsih, sebelum bantuan hibah diberikan, untuk meningkatkan kompetensi, wawasan, dan pengetahuan tentang teknologi budidaya lele, kelompoknya diundang oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur untuk mengikuti pelatihan Teknik Budidaya Lele, tanggal 4 sampai 6 Februari 2020 lalu di Tempat Seksi Pelatihan Teknis Perikanan Budidaya, Pengolahan Produk Kelautan dan Perikanan Kepanjen, Malang.

“Setiap kelompok hanya diwakili 2 orang saja, dan kebetulan untuk Kabupaten Kediri hanya kelompok kami yang mendapat bantuan hibah itu bersama 10 kelompok budidaya ikan dari seluruh Jawa Timur yang mendapat giliran pertama,” pungkasnya.

Ningsih