Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong Berhasil Budidaya Ikan Papua

0

SORONG-Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong,berhasil budidaya ikan asli Papua diberi nama ikan pelangi atau rainbow fish.

Ikan yanh terdapat di sungai Ayamaru Kabupaten Maybrat Propinsi Papua Barat ,sebelumnya di prediksi telah punah,akan tetapi ikan tersebut kembali ditemukan oleh peneliti Indonesia pada tahun 2010 silam.

“Kita di Politeknik KP Sorong sedang budidaya salah satu ikan rainbow setelah ditemukan oleh dokter kelautan salah satu peneliti Indonesia,” kata Kepala Politeknik KP Sorong,Dra Endang M.SI Sabtu,(11/5/19) saat di konfirmasi wartawan.

Budidaya yang dilakukan kata Endang ,sematamata untuk melestarikan ikan khas Papua tersebut,selain itu ikan khas Papua ini memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri.

Ikwn hias sangat disukai oleh masyarakat eropa seperti Ferancis dan Jerman karena warnanya unik dan indah.

Dikatakan lagi,setelah berhasil budidaya ikan dengan nama lain melanotaenia pihak politeknik kelautan dan perikanan Sorong berencana untuk melakukan ekspor.

“Kita sudah mengundang beberapa pengusaha lokal agar hasil budidaya dari taruna dan taruni dapat di ekspor ke luar negeri.(jos)