Pradi Supriatna : FGD JKN Sarana Untuk Mencari Solusi

0

Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna menghadiri Focus Group Discussion (FGD) Jaminan Kesehatan Nasional di Ruang Rapat Komisi IX DPR RI Lt. 1 Gedung Nusantara 1, Senayan, Jakarta. Selasa, 26 November 2019.

Mengusung tema” Menggagas Solusi untuk Mengatasi Masalah BPJS Kesehatan”, dalam FGD tersebut membahas solusi defisit dana BPJS Kesehatan serta kebijakan penaikan iuran dan pengurangan PBI (Penerima Bantuan Iuran),

“tujuannya untuk membangun sinergitas antar lembaga guna perbaikan layanan kesehatan dan meningkatkan partnership dengan sektor swasta”ujar Pradi diBalaikota Depok (27/11)

Dikatakan Pradi untuk Kota Depok sendiri sudah mengikuti aturan pusat, yaitu iuran yang naik menjadi Rp. 42.000 per bulan per orang. Jumlah warga miskin di Depok yang akan dibayarkan iuran BPJS Kesehatan sekitar 257.811 jiwa.

“Setiap bulan Pemkot Depok mengeluarkan dana untuk iuran BPJS Kesehatan sekitar 58 milyar”, katanya.

Menurut Pradi, Focus Group Discussion ini menjadi sarana untuk mencari solusi terbaik, dan salah satunya adalah dengan kembali pada pola hidup yang lebih sehat.

Karena pengendalian kualitas bahan pangan dan penerapan pola hidup sehat dapat menjadi alternatif penyelesaian BPJS Kesehatan. “alhamdulillah, Kota Depok mendapat penghargaan Kota Sehat tingkat Nasional”,kata Pradi.

Seperti diketahui Focus Group Discussion FGD secara resmi dibuka oleh Ketua MPR periode 2019 – 2024, dan menghadirkan beberapa narasumber, yaitu Menteri Kesehatan dr Terawan Agus Putranto, Ketua DPR periode 2019 – 2024, Ahmad Muzani, Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo, dan Praktisi Kesehatan FK – KMK – UGM, Laksono Trisnantoro.(dot)