Profesi Terbaik Menurut Islam

0
Fabela Tri Wardani Mahasiswi Kampus STEI SEBI

Bila berbicara dari segi dakwah islam profesi apakah yang terbaik ? Pendakwah adalah profesi terbaik menurut Islam. Tetapi bukan berarti profesi yang lain tidak baik. Bagaimana Islam memandang pendakwah adalah profesi terbaik ? Hal ini berdasarkan pada Al-Qur’an :

“Demi masa, Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran”. (Al-‘Asr : 1-3)

Ketika mendengar kata “Dakwah” apakah yang ada dipikiran kalian ? Seseorang yang ceramah kah ? atau seseorang yang hanya berbicara didepan umum saja ?

Dari www.sarjanaku.com yang saya kutip, Dakwah adalah mengajak orang lain untuk meyakini dan mengamalkan akidah dan syariat islam. Memotivasi mereka agar melakukan kebaikan dan melarang mereka berbuat kemungkaran, agar mereka mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat.

Usaha seorang pendakwah itu adalah memperbaiki situasi yang lebih baik dengan mengajak manusia untuk ke jalan Allah. Hal itu lah yang sangat dibutuhkan dari zaman ke zaman. Ketika timbul situasi yang tidak baik atau keluar dari jalan Allah, maka peran pendakwahlah yang sangat dibutuhkan.

Jika kita menjadi seorang pendakwah otomatis iman dan amal saleh kita kepada Allah SWT senantiasa akan terpupuk. Pendakwah juga akan menginspirasi banyak orang yang mendengarkan dakwah kita. Berdakwah untuk saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran ini pula membuat kita mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Untuk menjadi seorang pendakwah harus memegang teguh prinsip dakwah sebagai berikut :
Melayani sebelum mendakwahi
Memberi teladan sebelum mengajak
Menggembirakan bukan menakuti
Mempermudah bukan mempersulit
Memberi solusi bukan menghakimi
(Sumber : https://muaunj.files.wordpress.com)

Penulis : Fabela Tri Wardani Mahasiswi Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI (STEI SEBI)