Program Dinkes Depok Menyelesaikan Target Standar Pelayanan Minimal

0
Foto : Novarita Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok

Depok – Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita mengatakan Program Prioritas Dinkes ditahun 2020 -2021 adalah menyelesaikan target Standar Pelayann Minimal (SPM) bidang kesehatan yang merupakan indikator kinerja setiap daerah untuk pengendalian penyakit

“Kesehatan itu kan hak fundamental manusia, sehingga pemerintah harus hadir dalam memberikan pelayanan artinya standar pelayanan minimal yang harus dipenuhi oleh pemerintah”,ujar Novarita kepda sketsa dikantornya (21/02)

Dikatakannya ada Dua jenis layanan dan mutu SPM Bidang Kesehatan yaitu mencakup pelayanan kesehatan bagi penduduk terdampak krisis kesehatan akibat bencana atau berpotensi bencana provinsi, dan pelayanan kesehatan bagi penduduk pada kondisi kejadian luar biasa.

“maka Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok terus memaksimalkan berbagai program kesehatan. Langkah tersebut dilakukan demi mendukung program Depok sebagai Kota Sehat” Katanya

Menurutnya, untuk target sasaran kinerja 2021 akan dilakukan berbagai upaya. Salah satunya dengan mengoptimalkan peran pelayanan kesehatan dan pendekatan kepada masyarakat.

“Peningkatan pelayanan kesehatan akan terus kami maksimalkan dan melakukan pendekatan ke masyarakat. Tujuannya untuk mengetahui lebih detail status kesehatan mereka,” katanya.

Selain itu tahun 2021 pihaknya akan memaksimalkan penurunan angka kematian ibu (AKI), angka kematian bayi (AKB), penurunan gizi buruk, penurunan angka stunting atau tubuh pendek. Selanjutnya, peningkatan kelurahan Open Defecation Free (ODF), peningkatan kesembuhan tuberculosis (TB), peningkatan cakupan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dan peningkatan cakupan rumah sakit.

“Juga akan dilakukan penurunan prevelensi demam berdarah dengue (DBD), penurunan insidensi hipertensi (HT), serta penurunan insidensi diabetes melitus (DM),” terangnya.

Novarita menambahkan, Dinkes ada 11 program kesehatan, diharapkan dapat dilakukan secara maksimal. Tentu dengan peran serta dari petugas kesehatan di puskesmas maupun pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (doce)