Program UPT Rehabilitasi Sosial Bina Lara Kronis Tuban, Budidaya Ternak Sapi Untuk Eks Kusta

0

Jatim – sketsaonline.com | Salah satu Program dari Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Rehabilitasi Sosial Bina Lara Kronis Tuban, yaitu budidaya ternak sapi. Budidaya sapi yang dilaksanakan sejak tahun 2019 ini selaras dengan visi UPT Bina Laras, yakni Terwujudnya Klien Eks Kusta yang Sejahtera, Mandiri, dan Adaptif dengan Lingkungan.

Kepala UPT Rehabilitasi Sosial Bina Lara Kronis Tuban, Adi Swasono, Rabu (22/7) mengatakan, budidaya ternak sapi bagi para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) diharapkan mampu meningkatkan kemampuan dan ketrampilan. Utamanya dalam mengembalikan fungsi sosialnya.

“Program ini berjalan juga karena didukung dengan ketersediaan lahan yang cukup luas di UPT Rehabilitasi Sosial Bina Lara Kronis Tuban,” ujar Adi Swasono.

Melalui program ini, kata Adi, bisa membuktikan bahwa eks kusta juga punya kemampuan sebagaimana yang dimiliki oleh masyarakat lainnya.

Para klien mempunyai pemeliharaan 4 ekor sapi. Kegiatan yang dilakukan meliputi pemberian pakan, perawatan kebersihan, dan juga kesehatan sapi serta kandang. Mereka dipandu instruktur yang kompeten mampu meningkatkan kualitas SDM para eks kusta untuk menjadi peternak sapi yang andal.

Sebagaimana diatur dalam Peraturan Gubernur No. 85 Tahun 2018, UPT Rehabilitasi Sosial Bina Lara Kronis Tuban merupakan salah satu lembaga pelayanan dan rehabilitasi sosial yang memberikan pelayanan dan rehabilitasi sosial bagi eks kusta terlantar. Ini agar mereka memiliki rasa percaya diri, kemampuan diri dan memiliki ketrampilan, sehingga mereka mau dan mampu kembali hidup dalam masyarakat secara wajar.

(Yoyok)