Ranu Miharja Salah Satu Contoh, Penegak Hukum yang Hidup Sederhana

0

Para pejabat termasuk penegak hukum harus memberikan contoh dengan hidup sederhana. Profil Ranu Mihardja yang kini menjadi kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) bisa menjadi salah satu contoh kehidupan jaksa yang sederhana dan tegas dalam menegakkan aturan hukum.

“Amat susah mencari pejabat apalagi penegak hukum yang tegas dalam menegakkan aturan, bisa menjadi teladan dan hidup sederhana untuk dibuatkan profilnya. Akhirnya ketemu nama Ranu Mihardja,” kata Direktur Utama BUMN Balai Pustaka, Achmad Fachrodji, saat peluncuran buku profil Ranu Mihardja “Selaksa Darma untuk Negeri” di aula Oto Iskandar Dinata, Jumat, 27 September 2019.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com Dalam peluncuran buku yang dihadiri Ketua Komisi Yudisial Jaja Ahmad Jayus, Rektor Unpas Eddy Jusuf, Wakil Ketua Paguyuban Pasundan Ali Anwar Yusuf, dan pejabat lainnya juga diisi dengan bedah buku.

“Buku profil Ranu Mihardja ini dibuat selama dua tahun. Ketika wawancara di kantor Balai Pustaka, Pak Ranu selalu membayar sendiri makanan yang dipesannya,” kata Achmad.

Selain itu, kesederhanaan Ranu juga terlihat ketika naik transportasi umum dari kantornya menuju ke Balai Pustaka. “Pak Ranu juga dengan senang hati melayani wawancara sampai pukul 01.00 dini hari tanpa mengeluh sama sekali,” katanya.

Jaja Ahmad Jayus menambahkan, pembuatan aturan hukum harus berlandaskan proses yang baik dan mengacu kepada etik termasuk dalam penegakkan hukum. “Pak Ranu termasuk penegak hukum yang memiliki etik dan moralitas yang tinggi. Pak Ranu tak mau diajak ngobrol masalah kasus yang ditangani lembaganya karena tak ingin dipengaruhi,” katanya.***