Ringankan Beban Warga Jelang Lebaran, Kades Trebungan Salurkan BLT Dana Desa Tahap 1

0

Bondowoso| Sketsaonline. com – Dalam pandemi Covid 19, banyak masyarakat yang ekonominya terdampak. Pemerintah mengucurkan sejumlah bantuan untuk meringankan beban warga, seperti bantuan yang bersumber dari Kemensos berupa BST.

Selain mengucurkan bantuan tersebut, pemerintah juga mengeluarkan kebijakan yang memperbolehkan Dana Desa (DD) dipergunakan untuk pemberian bantuan ke warga terdampak covid 19. salah satu Desa yang telah mengucurkan Bantuan Langsung Tunai yakni, Desa Trebungan Kec. Taman Krocok.

Di Kec. Taman Krocok ada 7 desa dari jumlah itu baru 2 desa yang menyalurkan DD untuk bantuan warga terdampak Covid 19. Desa itu adalah Desa Trebungan dan Desa Kretek Kecamatan Taman Krocok.

Hal itu diungkapkan oleh Kasi Kessos saat menerima Dana BLT dari Bendahara Desa Trebungan Kamis (21/05) di Balai Desa.

Dari penjelasanya, di Desa Trebungan, Kecamatan Taman Krocok ada 151 keluarga yang menerima bantuan tunai 600 ribu untuk bulan Mei. 151 Keluarga itu masuk dalam Penerima Manfaat (KPM) yang sebelumnya sudah melalui seleksi dan musyawarah desa.

” Ya, ada dua desa yang rencananya hari ini juga akan disalurkan kepada KPM bantuan BLT tahap pertama untuk bulan Mei tahun 2020, ” Katanya.

Senada dengan yang diungkapkan oleh Kepala Desa Trebungan, Jamin Hermanto, kalau aturan yang memperbolehkan DD digunakan untuk pemberial BLT itu tertuang jelas di permendes nomor 6 tahun 2020 tentang perubahan prioritas penggunaan dana desa tahun 2020.

” Di mana, untuk penerima DD dengan pagu di bawah Rp 800 juta, bisa mengalokasikan BLT sebanyak 25 persen dari anggaran yang diterima. Sementara yang mendapat pagu Rp 800 juta sampai Rp 1, 2 miliar bisa mengalokasikan 30 persen, dan pagu di atas Rp1,3 miliar 35 persen. BLT tersebut diperuntukkan bagi warga yang terdampak Covid-19 terhitung tiga bulan, mulai bulan ini hingga Juli mendatang. ” Tuturnya.
Mengacu dari hal ini, menurut Jamin, ” Pemdes bisa menyalurkan BLT Dana Desa (DD) segera kepada penerimanya. Apalagi DD tahap dua akan segera dicairkan. ” Ungkapnya.

Dan penerima bantuan yang berhak adalah warga yang tidak mendapatkan BPNT (bantuan pangan non tunai), Program Keluarga Harapan (PKH), kartu pra kerja, Bansos Tunai dari Kemensos, yang kehilangan mata pencaharian/penghasilan, belum terdata di DTKS atau memiliki anggota keluarga yang sakit kritis.

” Oleh karena DD sudah cair maka bantuan tersebut harus disalurkan oleh semua desa sebelum Lebaran ini, serta untuk meringankan beban hidup warga yang terdampak covid 19, sehingga mereka sama-sama merayakan lebaran bersama keluarga, ” Terangnya.

Sementara itu, ratusan Warga Desa Trebungan tumpah ruah memadati Balai Desa untuk menerima Bantuan namun masih tetap dalam aturan physical distancing dan dalam pantauan Babinsa serta Bhabinkamtibmas Desa Trebungan.

( Bam” S ).