Sambut Bulan Ramadhan, Yuk Persiapkan Diri untuk Menjadi Lebih Baik

0
Foto : Ist

Kurang dari seratus hari bulan suci Ramadhan tiba. Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang sangat ditunggu-tunggu umat muslim. Kenapa? karena bulan tersebut merupakan bulan yang sangat berbeda dengan bulan lainnya, sehingga pahala amal kebajikan pada bulan tersebut menjadi berlipat ganda. Oleh karena itu, setiap individu berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan di bulan yang penuh berkah.

Sebagaimana telah dijelaskan dalam Firman Allah yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu orang bertaqwa” (QS. Al Baqarah:183), dalam ayat tersebut sudah jelas bahwa umat muslim wajib berpuasa bahkan puasa menjadi salah satu bagian di dalam rukun islam.

Sebagai seorang muslim sudah seharusnya kita menyambut dengan gembira akan datangnya bulan yang penuh berkah tersebut, melakukan amal kebajikan serta meninggalkan keburukan, bukan dibulan Ramadhan saja namun sampai seterusnya hingga nafas terakhir. Seperti dalam sabda Rasulullah “Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.”(HR. Bukhari Muslim). Sehingga ada beberapa persiapan yang dapat kamu lakukan menjelang Ramadhan.

Menyelesaikan Qadha Puasa Ramadhan Tahun Lalu.

Kita sudah tahu bahwa puasa di bulan Ramadhan adalah wajib. Namun, terdapat bebera hal yang diperbolehkan tidak berpuasa namun harus menggantinya di waktu lain. Seperti sakit atau udzur, perempuan haid, dalam perjalanan jauh atau safar dll. Maka jika masih memiliki hutang puasa sebaiknya selesaikan sesegera mungkin.

Menjalani puasa di hari biasa seperti puasa sunah.

Sering-seringlah berpuasa sunah agar diri tidak kaget dengan akan dihadapkan puasa sebulan penuh. Selain melatih diri dari hawa nafsu, kita juga akan mendapat pahala jika melakukannya. Selain itu, puasa senin kamis juga adalah salah satu cara diet yang paling afdhol.

Meningkatkan serta menjaga keistiqomahan dalam Ibadah

Jika kamu sudah terbiasa melakukan shalat wajib tepat waktu maka pertahankanlah, dan mulai melakukan shalat rawatib serta perbanyak dzikir mendekatkan kepada Allah. Karena, diri kita akan selalu tenang dalam keadaan apapun jika kita selalu dekat dengan Sang Khaliq.

Biasanya setiap orang akan mengejar target khatam Al Quran pada bulan Ramadhan. Oleh karena itu, biasakanlah mulai saat ini membaca Al Quran setiap hari, bukan hanya di bulan Ramadhan saja.

Meninggalkan kebiasaan perilaku negatif

Sebagai umat muslim, sudah seharusnya meninggalkan perbuatan yang tidak baik bahkan dilarang oleh Al Quran dan Sunnah. Oleh karena itu, alangkah baiknya perbuatan tersebut kita tinggalkan dan perbanyaklah perbuatan baik serta disukai banyak orang.

Rutin Berolahraga
Ketika dihadapkan dengan bulan Ramdhan, seringkali tubuh kita akan mudah lemas bahkan jatuh sakit karena tidal seimbangnya pola makan yang sehat serta olahraga yang cukup. Ole karena itu, mulailah berolahraga dan menjaga pola makan untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh dari sekarang.

-Alinnisa Nur Fadilah-