Sambut Tahun Baru Islam 1441 H, Kepala Desa Kemuningan Gelar Pengajian Umum

0
Foto: Bam S

Bondowoso – Kepala Desa Kemuningan, Kecamatan Taman Krocok, Sutapa menggelar pengajian umum yang bertempat di Lapangan Desa Kemuningan, Taman Krocok, Bondowoso, Rabu (18/09/2019). Kegiatan ini dalam rangka memperingati 1 Muharram 1441 Hijriah.

Acara yang dihadiri oleh KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy Dhafir (Pengasuh PP Salafiah Safi’iyah Sukorejo-Situbondo) itu bersamaan dengan penutupan KKN UNIB (Universitas Ibrahimy) Situbondo 2019 di Kecamatan Krocok.

Menurut Kepala Desa Kemuningan, Sutapa, dengan diadakannya acara peringatan tahun baru Islam 1441 Hijriah di Desanya, dapat menjaga kerukunan umat beragama serta tetap terjalin silaturahmi antar elemen masyarakat.

“Selain itu, giat ini juga dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta untuk menjalin kerukunan umat beragama di seluruh tanah air Indonesia,” kata Sutapa di Lapangan Desa Kemuningan, Rabu (18/09/2019).

Ia berharap, dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, seluruh elemen masyarakat khususnya Kecamatan Krocok dapat hidup rukun dan harmonis, yang berideologikan Pancasila.

“Semoga dengan saling menghormati antar warga dapat terwujud kehidupan yang harmonis,” harapnya.

Sementara itu, KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy Dhafir, dalam tausiahnya mengajak seluruh jamaahb agar selalu memperbarui keimanan dengan memperbanyak zikir.

Pengasuh PP Salafiyah Safi’iyah Sukorejo Situbondo ini, juga menjelaskan bahwa makna dasar dari kata hijriah adalah hijrah/meninggalkan, menjauhkan dari, dan berpindah tempat.

“Menurut Khalifah Umar, hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah bersama sahabat Rasul adalah peristiwa paling monumental dalam perkembangan Islam, mencari yang terbaik dari yang baik, meninggalkan yang buruh demi kebaikan,” ujarnya.

Bahkan, di penghujung tausiahnya Ia berharap agar para jamaah selalu mampu meningkatkan ibadahnya kepada Allah SWT, dan berdoa untuk semua umat Islam khususnya yang ada di Desa Kemuningan, Bondowoso pada umumnya selalu diberi keselamatan serta tetap dalam lindungan Allah SWT.

Selain ratusan jamaah, pada kegiatan tersebut hadir pula Camat Taman Krocok, Muhdar S Ag, Kasup Sektor Taman Krocok, Ipda Wahyu Utomo. (Bam S)