Sampai THN 2020, DLHK Depok Bangun Taman Kelurahan Capai 48 Titik

0

Depok – Keberadaan ruang terbuka hijau (RTH) dalam sebuah tata kota sangat penting. Selain membuat lingkungan tampak hijau dan segar, adanya RTH ini juga difungsikan sebagai kawasan resapan air sehingga dapat meminimalisir terjadinya banjir saat musim hujan.

Selain itu taman juga dapat difungsikan sebagai objek wisata serta sarana edukasi, dengan dilengkapi berbagai fasilitas bermain bagi anak-anak maupun fasilitas lainnya yang bermanfaat bagi warga sekitar.ujar Eti Yuniarti SE, M.Si selaku Kepala Bidang Pertamanan Pada Dinas LHK Depok kepada sketsa (6/1)

Diakatakan Eti, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) hingga saat ini terus mengoptimalkan penataan taman dengan menargetkan pembangunan taman di 63 kelurahan seluruh kota depok.

“Dari target 63 titik s/d thn 2020 sudah merampungkan penataan taman kelurahan mencapai 48 titik. untuk Tahun 2021 ini dianggarkan 10 taman lagi, dimana lahannya sudah siap baru tiga lokasi,” paparnya.

lebih lanjut Eti mengatakan dari 48 titik taman yang sudah terbangun, di tahun 2020, DLHK telah merampungkan delapan pembangunan taman kelurahan. di antaranya di Kelurahan Bedahan, Bojongsari, Serua, Duren Mekar, Pangkalan Jati, Gandul, Cipayung Jaya dan Kelurahan Harjamukti.

“Pembangunan taman tersebut rata-rata berdiri diatas lahan kurang lebih 1.000 meter dengan anggaran kurang dari Rp 1 miliar per tamannya”tutur Eti.

Harapannya hingga tahun 2021 dapat terbangun taman di seluruh penjuru kota Depok. Hal itu dilakukan sebagai upaya mengejar ketersediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Depok. Tandasnya. (dot)