SEBANYAK 93 UNIT RUMAH RTM DI KEL. BLINDUNGAN DIRENOVASI

0


BONDOWOSO| Sketsaonline. Com – Terwujudnya permukiman yang bersih, sehat, dan layak huni merupakan tujuan dari program RTLH (Rumah Tidak Layak Huni), Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak baik dari pemerintah, swasta, masyarakat maupun pemangku kepentingan lainnya.dwmikian dikatakan Ahmad Sofyan. ST selakuFasilitator Kel. Blindungan Kec. Bondowoso.

” Hal inilah yang mendorong adanya perlakuan khusus pada salah satu RT (Rumah tangga) di kel. Blindungan yaitu RT 10 Rw 03 dan untuk Kel. Blindungan sendiri merupakan Kelurahan prioritas penanganan Kumuh Nasional sehingga mendapatkan kegiatan penangangan.” Tuturnya, sabtu (28/09).

Sofyan juga berharap. ” Di tahun depan bisa lebih banyak kuota anggaran untuk Kel. Blindungan mengingat kel blindungan masih banyak yang perlu mendapat program RTLH dan berdasarkan pantauan kami dibeberapa Rt masih banyak rumah yang tidak layak huni. ” Imbuhnya.

Senada dengan yang di ucapkan oleh Kepala Kel. Blindungn yakni, Misyono, kekumuhan di kawasan pinggiran sungai Rt. 09, 10 Kel. Blindungan adalah rumah yang tidak layak huni. ” Karena keterbatasan pendapatan warga, untuk itu diperlukan adanya perhatian dari pihak Pemerintah dalam hal ini tim mencoba untuk mengajukan usulan rehap Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) ke Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) dan bersyukur telah terealisasi untuk tahun ini. ” Ucapnya.

Ia mengapresiasi kinerja dari Faskel dan anggota BKM dalam melakukan surver dalam perencanaan hingga pelaksanaan berjalan dengan lancar. ” Smoga 22 unit Rtlh tahap I ini tidak ada kendala apapun sampai ke tahap II sebanyak 42 unit yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan oktober mendatang. ” ungkapnya.

Terpisah, Saleh warga Rt. 10 Rw. 03 mengaku kaget telah mendapatkan program Rtlh, ” Bagaimana tidak, jauh sebelumnya kami tidak menyangka akan mendapatkan bantuan berupa renofasi rumah seperti ini, ya..bersyukur saja atas kepedulian pemerintah khususnya pemerintah kel.Blindungan yang telah peduli kepada kaum lemah. ” Tukasnya.

Sementara itu, pantauan dari Sketsa program yang bersumber dari DAK 2018 itu berupa pembangunan RTLH di Kel. Blindungan sebanyak 93 unit sedangkan jumlah se Kec. Bondowoso untuk tahun 2018 ini mendapat 365 unit tersebar di berbagai Kelurahan.

( Bam” S )