Sertijab Pejabat TNI AD Cilodong

0

sketsaonlinCilodong – Sketsa Online
48 pejabat di lingkungan TNI AD yang dimutasi hari ini , sepuluh diantaranya melakukan serah terima jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung oleh Kasad Jenderal TNI Mulyono di Markas Divisi Infanteri I Kostrad Cilodong, Jumat (31/07/15). di Lapangan Divisi Infanteri I Cilodong dan dilaksanakan secara bersamaan untuk jabatan Pangkostrad, Pangdam, Danjen Kopassus, dan para Komandan Lembaga Pendidikan yang merupakan jabatan strategis serta memiliki tongkat komando di lingkungan TNI AD.

Beberapa pejabat yang diserahterimakan antara lain Pangkostrad semula dijabat Jenderal TNI Mulyono (saat ini Kasad) beralih kepada Mayjen Edy Rachmayadi yang sebelumnya Pangdam I/Bukit Barisan. Mayjen Agus Sutomo yang awalnya menjabat Pangdam Jaya mendapat promosi jabatan Dankodiklat naik menjadi bintang tiga, menggantikan Letjen Lodewijk Freidrich Paulus yang menjadi perwira tinggi Mabes TNI AD yang sudah memasuki masa pensiun. Sementara untuk pengganti Pangdam Jaya dan Pangdam I saat ini belum diisi.

Menurut Kadispenad Brigjen TNI Wuryanto, jabatan Pangdam Jaya masih digodok dari beberapa nama Pati TNI AD berbintang dua dengan mempertimbangkan siapa figur yang paling cocok.

“Kodam Jaya sangat strategis sebagai pilar penyangga stabilitas keamanan di ibu kota yang merupakan pusat pemerintah dan barometer semua aspek kehidupan nasional. Kita tunggu saja dalam beberapa hari mendatang, pejabat Pangdam Jaya dan Pangdam I pasti akan segera diketahui,” ujar Wuryanto.

Selanjutnya, Panglima Kodam II/Sriwijaya dijabat oleh Mayjen TNI Purwadi Mukson mantan Wadan Kodiklat TNI AD, Panglima Kodam IV/Diponegoro dijabat oleh Mayjen TNI Jaswandi mantan Aspers Kasad, Pangdam XVI/Patimura dijabat oleh Mayjen TNI Doni Munardo mantan Danjen Kopassus, Danjen Kopassus dijabat oleh Brigjen TNI Muhammad Herindra mantan Kasdam III/Siliwangi, Danseskoad dijabat oleh Brigjen TNI Pratimun, Danpuspomad dijabat oleh Brigjen TNI Dodik Widjanarko, dan yang terakhir Gubernur Akmil dijabat oleh Brigjen TNI Hartomo.

Serangkaian upacara Sertijab ini dilaksanakan dengan mengerahkan personel dan Alutsista (alat utama sistem pertahanan) di satuan jajaran Kostrad dengan kekuatan 4 Batalion disertai Alutsista Tank Leopard, Tank Scorpion, Meriam 76 MM, Meriam 105 MM, Meriam 23 MM .( )