Sidang Pleno Penetapan 50 Anggota DPRD Kota Depok Periode 2019-2024

0

Depok – Melalui Surat KPU RI Nomor 1057/PL.01.9-SD/03/KPU/VII/2019 perihal Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih tertanggal 25 Juli 2019. Komisi Pemilihan Umum Kota Depok menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Hasil Pemilihan Umum Anggota DPRD Kota Depok Tahun 2019,

Menurut Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna, Surat KPU RI tertanggal 25, sampai ke kami tanggal 26, dan hari ini tanggal 27 kita dapat langsung malaksanakan pleno dalam kurun waktu yang sangat singkat,

“ini menunjukkan bahwa kami serius dalam bekerja dan sangat ingin menuntaskan seluruh tahapan pemilu 2019,” ujar Nana usai rapat pleno di aula Hotel Bumi Wiyata Margonda Depok (27/7).

Dikatakan Nana, sebelumnya, banyak pihak bertanya tanya. Kapan kegiatan pleno penetapan caleg terpilih ini dilaksanakan. Dirinya menyampaikan bahwa Depok merupakan salah satu kota terdapat permohonan sengketa ke Mahkamah Konstitusi, maka kami tunggu setelah sengketa di MK selesai.

“Permohonan sengketa tersebut, diajukan oleh salah satu parpol kemudian ditarik dan tidak dilanjutkan tahap selanjutnya sesuai dengan putusan yang telah dikeluarkan oleh MK, dengan nomor 47-14-12/PHPU.DPR.DPRD/XVIII/2019,” jelasnya.

Nana Sobarna Ketua KPU Depok bersama Pradi Supriatna Wakil Walikota Depok

Lebih lanjut Nana mengatakan, kegiatan yang di laksanakan ini adalah pamungkas dari seluruh rangkaian tahapan penyelenggaraan pemilihan umum serentak tahun 2019.

“Kami tak bosan-bosannya, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tak terhingga kepada semua jajaran panitia ad-hock PPK, PPS dan KPPS serta seluruh jajaran stakeholder,” ungkap Nana.

Dirinya menambahkan, Pemilu 2019 telah usai, telah terpilih wakil-wakil rakyat kita sejumlah 50 orang, sesuai dengan kehendak masyarakat di DPRD Kota Depok untuk lima tahun yang akan datang,.

“kita ucapkan selamat terpilih bagi calon yang terpilih, selamat menjalankan tugas. Dan Bagi calon yang belum terpilih tidak perlu berkecil hati, masih banyak ladang pengabdian yang bisa dilakukan di tengah masyarakat”ucap Nana.

Adapun lanjutnya, Sekarang ini dihadapan kita akan digelar kembali tahapan pemilihan Wali Kota dan Wakil WaliKota Depok. Yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 September 2020.

“Mari kita songsong tahapan pilkada tersebut dengan riang gembira, kita torehkan dan kita ulang kembali sejarah bahwa kita dapat melaksanakan pilkada Depok 2020 dengan aman, damai, sejuk, kondusif dan sukses tanpa ekses,” Papar Nana.

Sementara, Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna mengucapkan Selamat bagi anggota DPRD terpilih. Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah siap bersinergi dengan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok.

Sinergitas ini sangat penting dilakukan untuk mempersiapkan pembangunan di tahun 2020, melalui mekanisme yang ada di tingkat Kota Depok dengan program-program lanjutan yang kami kerjakan. “Maka hal ini amat penting untuk berkolaborasi dalam kerja-kerja dikemudian hari”.papar Pradi.

Diketahui pada Acara Rapat Pleno dihadiri , Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna, Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna, Wakil Bawaslu Jawa Barat Sutarno, Kapolres Kota Depok Kombes Didik Sugiarto dan perwakilan partai politik.

Berikut nama nama Anggota DPRD Kota Depok Periode 2019-2024:
1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 3 Kursi
2. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) 10 kursi
3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) 10 kursi
4. Partai Golongan Karya (Golkar) 5 kursi
5. Partai Nasdem 0 kursi
6. Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) 0 kursi
7. Partai Berkarya 0 kursi
8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 12 kursi
9. Partai Persatuan Indonesia (Perindo) 0 kursi
10. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 2 kursi
11. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 1 kursi
12. Partai Amanat Nasional (PAN) 4 kursi
13. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) 0 kursi
14. Partai Demokrat 3 kursi
15. Partai Aceh (PA) – partai politik lokal Aceh 0 kursi
16. Partai Sira – partai politik lokal Aceh 0 kursi
17. Partai Daerah Aceh (PD Aceh) – partai politik lokal aceh 0 kursi
18. Partai Nanggroe Aceh (PNA) – partai politik lokal Aceh 0 kursi
19. Partai Bulan Bintang (PBB) 0 kursi
20. Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKP Indonesia) 0 kursi. (Hrln)