Sudah Siapkah Indonesia Menjadi Negara Maju

0

Oleh : Nama: Novita Dewi
Mahasiswi STEI SEBI

Seperti yang sudah kita ketahui, ada pengklasifikasian negara-negara didunia, yaitu negara maju dan negara berkembang. Klasifikasi tersebut berdasarkan pada tingkat kesejahteraan masyarakat didalamnya. Ada beberapa indikator dimana negara dikatakan “negara maju” atau “negara berkembang”. Diantaranya yaitu, jumlah pendapatan perkapita, tingkat kemiskinan, tingkat pengangguran, angka kematian dan tingkat pendidikan.

Negara maju adalah negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang merata serta standar hidup yang tinggi. Pada tanggal 10 Februari, Amerika Serikat mengumumkan Indonesia bersama 127 negara lain menyandang status baru sebagai “negara maju” versi Amerika Serikat.

Berkaitan hal tersebut, Sudah siapkah indonesia menjadi negara maju?

Menurut United State Trade Representative (USTR) Indonesia sudah layak masuk dalam kelompok negara maju dalam bidang perdagangan Internasional. Dua alasan utamanya, share pasar ekspornya sudah diatas 0,5 persen dan tercatat sebagai anggota G-20.

Berdasarkan data dari The World Bank per 1 Juli 2020 GNI perkapita Indonesia naik dari tahun 2018 ke 2019. GNI adalah PDB ditambah Neto pendapatan faktor dari luar negri.(BI Institute)

GNI perkapita Indonesi pada tahun 2018 USD 3.840 naik menjadi USD 4.050 di tahun 2019, dari data tersebut level pendapatan negara Indonesia dinyatakan naik dari middle income country menjadi upper middle income country.

Status tersebut mungkin bagi orang tertentu dianggap kabar baik bagi Indonesia. Akan tetapi sebenarnya ketika indonesia menyandang status baru sebagai “negara maju”, ada hak-hak khusus yang tidak akan didapat lagi, diantaranya:

Indonesia tidak lagi mendapatkan fasilitas GSP (generalized system of preferences)

Tarif bea impor terhadap ekspor tanah air berhak diberlakukan oleh negara AS

Subsidi dari perdagangan antarnegara dapat dikurangi

Rasio utang terhadap PDB tinggi

Tidak mendapatkan kemudahan dan fasilitas pinjaman lunak

Rata-rata angka kematian tinggi

Walaupun indonesia naik level menjadi upper middle income country, karena kenaikan GNI perkapita di tahun 2018-2019. Akan tetapi, angka pengangguran di tahun 2020 di Indonesia naik 4,88 juta orang. (sumber:kemenkeu)

Dan juga pendapatan perkapita itu sendiri belum menggambarkan tingkat kemakmuran seluruh rakyat.

Berkaitan dengan pendapatan suatu negara, menurut Rachmat Rizqy, SEI, MM salah watu dosen mata kuliah Ekonomi Makro di STEI SEBI Depok dalam kuliah secara daring mengemukakan bahwa negara baru dikatakan bertumbuh (marginal propensity) jika belanja pemerintah sama dengan pendapatan negara, sebaliknya jika belanja pemerintah lebih boros daripada apa yang didapatkan, maka negara tersebut gagal tumbuh.

Tingkat PDB indonesia pun tahun 2020 ini turun, yang semula dari tahun 2014 sampai 2019 Sebesar 5%, tahun 2020 menjadi -0.4-1% (sumber: kemenkeu) sangat signifikan bukan?

Jadi, sudah siapkah indonesia indonesia menjadi negara maju?