Susun RKPDes 2020, Desa Klabang Gelar Musdes

0
Musyawarah Desa Klabang di Pendopo Balai Desa, Rabu, (18/09). Foto: Bam S

Bondowoso – Musyawarah Desa (Musdes) penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2020 oleh Pemdes Klabang, Kecamatan Tegalampel di Pendopo Balai Desa Klabang, Rabu (18/09/2019).

Acara ini dihadiri oleh Camat Tegalampel, Sidik Waluyo S Sos, MM dan semua tokoh masyarakat Desa Klabang.

Kepala Desa Klabang, Joko Tole mengatakan, perencanaan pembangunan desa sejatinya merupakan pondasi bagi sukses atau tidaknya sebuah pembangunan.

”Ada sebuah istilah dalam perencanaan, awal yang baik akan menghasilkan kebaikan pula. Kiranya tidak berlebihan pemerintah telah membuat regulasi yang mengatur tentang perencanaan desa dimana perencanaan desa harus dibuat secara matang, sistematis, partisipatif, efektif dan efisien,” kata Joko di Pendopo Balai Desa, Rabu (18/09/2019).

Hal itu, kata dia, bertujuan untuk menciptakan pembangunan desa yang benar-benar terencana dan terukur.

Menurut dia, pada tahun 2020 mendatang, Desa Klabang akan melaksanakan pembangunan sarana air bersih, jalan lingkungan, spot wisata dan bidang pemberdayaan masyarakat.

”Hal ini sudah Kami tuangkan dalam RKPDes tahun 2020 dan menjadi skala prioritas Pemdes Klabang melalui Anggaran Dana Desa yang bertujuan penguatan ekonomi Masyarakat,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama , Camat Tegalmpel menuturkan kalau UU Desa mengalokasikan sumber daya keuangan ke desa berdasarkan prinsip pengakuan dan subsidiaritas.

“Dan MusDes Perencanaan Desa ( RKP Desa ) merupakan kegiatan tahunan bertujuan untuk menetapkan prioritas belanja desa. Dengan demikian, musdes akan efektif jika seluruh sumber pendanaan yang signifikant bagi desa telah diketahui oleh desa yaitu setelah RKP (nasional) dan RKPD/ KUA PPAS (daerah) ditetapkan,” kata Sidik.

Sementara itu, pemimpin musyawarah desa, Agus Sukarno menjelaskan bahwa semua usulan kegiatan pembangunan dari hasil Musyawarah Dusun (Musdus) yang telah di himpun oleh Tim Penyusun RKPDesa akan dimasukkan dalam rancangan RKPDesa Tahun 2019 yang nantinya akan ditetapkan dalam RKPDesa tahun 2020.

“Hal ini dengan memperhatikan prioritas usulan yang sangat dibutuhkan oleh Masyarakat Desa,” tuturnya usai acara tersebut. (Bam S)