Syamsudin Mandra : Saya Ingin Membina Putra Asli Papua Menjadi Pencetak

0

SORONG-Syamsudin Mandra salah satu pengusaha percetakan dan baliho di Kota Sorong Papua Barat,ingin membina putra asli Papua menjadi pencetak yang handal seperti usaha yang di gelutinya yaitu percetakan spanduk,baliho,cap stempel dan yang lainnya.

” Kalau ada putra asli papua yang memiliki bakat di bidang percetakan (yang saya tekuni ini-red) saya akan bina tanpa di pungut biaya,” ujar Syamsudin ketika berbincang bincang Rabu,(12/12019).

Dijelaskan,yang melatarbelakangi pemikirannya untuk membina orang asli papua tanpa biaya,karena menurutnya dimana bumi di pijak disitu langit dijungjung artinya,pihaknya ingin orang asli papua menjadi pengusaha di bidang percetakan karena kehadiran percetakan sangat dibutuhkan pemerintah daerah.

” Kalau ada satu atau dua orang orang asli papua mau saya didik,nanti ilmu yang saya berikan,nantinya bisa diturunkan lagi ke teman temannya,” terang Syamsudin.

Materi materi yang di berikan nantinya, seperti cara pembuatan cap stempel,papan nama serta pencetakan spanduk dan baliho dan jenis jenis lainnya seperti sablon yang memang di butuhkan masyarakat.

Ditanya lama pembinaan menurut Syamsudin,tergantung orangnya tapi dirinya yakin pembinaan yang dilakukan paling lama tiga atau empat hari.

Usaha percetakan dan sablon dinamai Syamra Group saat ini di Kota Sorong memiliki delapan tempat, dua tempat di Kota Waisai Kabupaten Raja Ampat.

Dari pantauan media ini,percetakan miliknya tengah di sibukkan melayani pelanggan yang mencetak spanduk dan cap natal,mengingat bulan desember ini moment moment perayaan natal.

Dikatakan Syamsudin menjelang natal dan tahun baru penghasilannya meningkat 30 persen dibanding hari hari biasa.(jos)