Talud Ambrol, Timpa Rumah Warga Di Tulakan Pacitan

0

Pacitan, Sketsaonline.com,–Tanah longsor kembali terjadi di wilayah Kabupaten Pacitan. Kali ini bencana alam tersebut menimpa rumah Miswadi (45), warga di RT 030 RW 009, Dusun Bonagung, Desa Wonosidi, Kecamatan Tulakan.

Menurut keterangan Komandan Rayon Militer (Danramil) 0801/08 Tulakan Kapten Arm Agus Wahono, peristiwa tanah longsor tersebut terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Setelah di wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas sedang sejak siang hari.

Agus mengatakan, material longsoran tersebut berupa talut jalan atau dinding penahan jalan serta tanah, yang memiliki ketinggian sekitar delapan meter, dan panjang longsoran sekitar empat meter.

“Akibat dari kejadian itu, dinding rumah dapur milik Pak Miswadi jebol serta bagian dinding belakang terdapat retak-retak,” ujarnya, saat dihubungi Sketsaonline.com, Kamis (21/03/2019).

Danramil menerangkan, meski tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun akibat dari kejadian itu, kerugian yang dialami Miswadi mencapai puluhan juta. “Kerugiannya ditaksir sekitar Rp10 juta. Karena dinding jebol dan retak,” terangnya.

Menurutnya, kejadian bencana alam tanah longsor tersebut disebabkan oleh cuaca ekstrim yang terjadi di wilayah Kabupaten Pacitan dalam beberapa pekan terakhir yang sering turun hujan.

Meski demikian, pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat yang tinggal di daerah rawan tanah longsor untuk selalu waspada dan berhati-hati. Mengingat, cuaca ekstrem yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi bencana alam lainya.

“Saat ini cuaca di wilayah kecamatan Tulakan khususnya hujan sudah reda. Untuk itu kita imbau kepada masyarakat untuk siap dalam segala situasi,” pungkasnya. (Sigit).