Terapkan Social Distancing, Kades Kampung Sawah Sambangi Warga Bagi BLT DD

0

Mandailing Natal – Ditengah Pandemi Covid-19, kewajiban menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang dialokasikan dari Dana Desa Tahun 2020 tetap disalurkan oleh beberapa desa di Kecamatan Natal. Salah satunya Desa Kampung Sawah, Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal.

Pihak Pemerintahan Desa yang dipimpin oleh Kepala Desa Kampung Sawah, Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal Arianto dan sejumlah perangkat desa membagikan kepada warga yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa Tahun 2020 (Kamis, 21/05/20).

Pendampingan dari pihak Bhabinkamtibmas J.Butar-butar dari Polsek Natal dan Babinsa Sertu Amin dari Koramil 17 Natal serta Pendamping Desa Kecamatan Natal, Sunartin,S.Pd dan Isro’ ,S.Pdi penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) dengan cara menyambangi rumah warga Keluarga Penerima Manfaat “Door to door” berlangsung lancar.

Arianto menjelaskan penerapan Social Distancing ini salah satunya mencegah kerumunan warga di tengah pandemi Covid-19, maka kami berinisiatif untuk menyambangi dan memberikan langsung BLT sebesar Rp.600.000,- / Keluarga Penerima Manfaat di rumah mereka masing-masing.

“Sebanyak 80 Kepala Keluarga(KK) tercatat sebagai Keluarga Penerima Manfaat BLT Dana Desa Tahun 2020 ini” ujar Arianto.

Syarat penerima BLT tersebut adalah Keluarga Miskin yang bukan penerima Propgram Keluarga Harapan (PKH), bukan penerima Kartu Sembako maupun Kartu Prakerja serta pendataan ini mempertimbangkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial RI.

Dalam kesempatan yang sama Pendamping Desa (P3MD) Kecamatan Natal, Sunartin,S.Pd menyampaikan harapannya agar penyaluran BLT Dana Desa pada setiap desa di Kecamatan Natal tetap mematuhi aturan mekanisme Permendes PDTT No.6 Tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020.

“Semoga Desa-desa lainnya di Kecamatan Natal Kabupaten Mandailing Natal bisa menyalurkan segera BLT tersebut untuk meringankan perekonomian masyarakat miskin sesuai Perundang-undangan ditengah Pandemi Corona ini” ungkapnya mengakhiri. (M.Ali)