Terendam Banjir, Hardiono Kunjungi Perumahan Arsip Mampang Depok

0

Curah Hujan Cukup tinggi beberapa wilayah dikota Depok Terendam Banjir, Sekretaris Daerah (Setda) Kota Depok Hardiono berkunjung ke Perumahan Arsip Mampang Kecamatan Pancoran Mas Depok.

Pada kesempatan tersebut Hardiono menjelaskan bahwa terjadinya banjir diperumahan Arsip disebabkan meluapnya sungai krukut yang mengalir deras dan tidak dapat menampung debit air yang cukup tinggi sehingga merendam seluruh area perumahan.

“Diperkirakan ada sekitar 150 unit rumah terendam banjir hingga mencapai leher orang dewasa ,bahkan ada 2 (dua) rumah doyong diterpa banjir, namun tidak ada korban manusia”,ujarnya kepada sketsa (6/1).

Dikatakan Hardiono, Perumahan Arsip ini lebih rendah dari sungai, maka tepi sungai ditinggikan turapnya, disamping itu ada sedimen, bahkan ada yang sudah menyerupai pulau ditengah sungai.

Selain itu perumahan ini tidak dilengkapi peel banjir yaitu pengaturan ketinggian wilayah perumahan tidak ditentukan berdasarkan lokasi bangunan yang bertujuan untuk mencegah air banjir meluap dan masuk ke dalam bangunan.

“Jika perumahan terlalu rendah dengan lokasi sungai dampaknya akan aeperti ini, saat curah hujan tinggi tidak bisa menampung debit air yang cukup deras dari sungai”, ujarnya

Namun demikian lanjutnya, Pemkot Depok sudah memberikan bantuan untuk para korban banjir, dan menerjunkan tim medis dari puskesmas setempat serta memberikan bantuan pengobatan. Tutup Hardiono.(dot)