Terkabul Sudah Citacitamu Bapa

0

SORONG-Setelah puluhan tahun lamanya,apa yang dicitacitakan Bapa almarhum MK.Simbolon, di bulan Juni 2019 tepatnya Kamis,13 Juni 2019 digelar pesta sesuai adat Batak yaitu pesta tugu sekaligus menaikkan tulang belulang para orang tua kami mulai dari nenek kami 4 kakaberadik.

” Bapa berpesan untuk semua anak anakku, agar kita keturunan kakek nenek empat kakakberadik ,kalian bisa mempersatukan kami di satu tugu yang tinggi atau tambak natimbo tepatnya di pangururan samosir tepatnya di desa Raniate huta namora,tanah kelahiran bapa,” kata salah seorang putri dari almarhum MK.Simbolon bernama Damon Oloria Simbolon,menirukan perkataan almarhum bapanya,semasa hidupnya puluhan tahun lalu.
Hal serupa juga diinginkan oleh 4 Kakakberadik yang nota bene ,kami ini anak anaknya selama ini tidak saling mengenal.

Atas kesepakatan keturunan dari empat kakalberadik,mengambil kesepakatan untuk membangun Tugu parsadaan (tugu persatuan) di tempat kelahiran nenek atau oppung dan para bapa kami di huta namora Pangururan Samosir,dengan cara gotong royong.

Pesta tersebut telah terlaksana itu karena kebersamaan semua pomparan (keturunan) semua anak anaknya.

Acara berlangsung dengan haru namum hikmat dengan mengundang semua yang berkompoten di daerah itu sesuai adat batak ,serta mengundang semua kakek nenek dari masing masing dari 4 kakakberadik.

Dari pantauan penulis wartawan Sketsa yang adalah cucu dan anak anak MK.Simbolon br Hutagaol,acara berlangsung hikmat tanpa ada hambatan.

Pada moment itulah keluarga saling mengenal yang selama ini tidak saling mengenal antara yang satu dengan yang lain.

Penulis melihat acara seperti ini satu tradisi yang dilakukan oleh orang batak,untuk menghormati para leluhur,karena semasa hidupnya memberikan kata kata wejangan untuk selalu membuat yang terbaik sesama anggota keluarga itu sendiri maupun orang lain.Horas untuk keluarga besar simbolon dari Huta Namora Reniate Pangururan.(joharman silaen)