Terkait KLB Hepatitis A di Pacitan, Dinkes Jatim Beri Warning Kabupaten Tetangga

0
foto : drg Vitria Dewi, Kabid Kesmas Provinsi Jatim

Pacitan, Sketsaonline.com–Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur memberikan warning atau peringatan kepada Kabupaten Trenggalek dan Ponorogo, terkait Kejadian Luar Biasa (KLB) hepatitis A yang menimpa sebagian masyarakat yang ada di Kabupaten Pacitan.

Terkait pesebaran KLB hepatitis A, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Provinsi Jatim, drg. Vitria Dewi, M.Si, mengatakan, daerah terdekat dengan Kabupaten Pacitan perlu untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Tentunya daerah perbatasan dengan Pacitan yang harus berhati-hati. Warning saya di Trenggalek dan Ponorogo,” ujarnya, seusai ikuti pers release di ruang rapat Bupati Pacitan, Senin (01/06/2019) sore .

Mengingat, virus hepatitis A sangat cepat dalam penularannya, Dinkes provinsi sudah meminta kepada kabupaten lainnya untuk melakukan pencegahan. Hal itu merupakan langkah-langkah awal agar kejadian tersebut tidak meluas.

“Penderita hepatitis A itu tidak saja terbaring di tempat tidur, tetapi dapat beraktifitas dan terlihat segar. Padahal, masih terdapat sisa virus yang masih bisa menularkan,” terangnya.

Disoal apakah sudah terdapat laporan resmi terkait warga di daerah lainnya yang terjangkit virus hepatitis A selain di Kabupaten Pacitan, pihaknya belum bisa menyampaikan secara rinci. Namun, pemantauan secara ketat di wilayah terdekat dengan Pacitan akan dilakukannya.

“Mulai kemarin kan saya ada di sini (Pacitan), dan saya belum melihat data secara resmi. Jadi, untuk laporan resmi mohon maaf belum bisa menyampaikan. Tapi, kami akan memantau ketat terutama daerah perbatasan paling dekat, karena penularannya sangat cepat sekali,” pungkasnya.

Untuk diketahui, menurut data dari Dinkes Kabupaten Pacitan, sejak pertama ditemukannya kasus hepatitis A pada 8 Mei 2019 lalu, jumlah penderita per 1 Juli 2019 mencapai 975 orang.

(Sigit)