Tidak Ada ZOSS, SDN Cipayung Belum Tersentuh Sebagai Kota Layak Anak

0

Depok – Tidak ada Zona Selamat Sekolah (ZOSS) diarea jalan SDN Cipayung , Jalan Tole Iskandar km 02 , Kecamatan Sukmajaya, dikeluhkan para orang tua siswa dan warga sekitar. Pasalnya, diarea tersebut hingga saat ini masih belum miliki ZOSS bahkan drainase pun tidak ada tutupnya.

SR salah satu orang tua siswa mengatakan, sekolah SDN Cipayung memang sangat rawan karena area sekolahnya berada disekitar jalur cepat jalan tole Iskandar .

“Ini kan jalur cepat tapi kok tidak ada zona selamat sekolahnya serta masih minimnya rambu rambu di sepanjang Jalan Tole Iskandar.padahal area ini sangat rawan bagi anak-anak yang mau ke sekolah. Ujarnya kepada sketsa (11/10)

Selain tidak ada ZOSS saluran drainasenya juga tidak ada tutupnya, apalagi keberadan sekolah berada tepat dibibir jalan, ini sangat bahaya bagi anak anak sekolah , di saat pulang pun anak-anak berdesakan keluar sekolah.kan sangat berbahaya .ungkapnya.

Ia berharap Pemkot Depok, khususnya Dinas Perhubungan dan Dinas PUPR dapat menyikapi keluhan yang dialami sejumlah warga dan orang tua siswa.

“Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan, kami berharap diarea depan sekolah ini dibuatkan ZOSS. Selain itu perbanyak rambu dan marka jalan,” harap SR.

Sementara ditempat terpisah , Manto Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, mengakui jalan tole Iskandar jalur cepat bahkan sekolah SDN Cipayung memang sangat rawan bagi anak-anak sekolah karena berada disekitar jalan tersebut katanya.

Manto menyarankan agar pihak sekolah mengajukan ke pihak dinas PUPR untuk meminta agar saluran drainase nya diberikan penutup. Pungkas Manto.

Sementara ditempat terpisah, Ari Manggala selaku Kasi Dinas Perhubungan Depok mengatakan, fungsi zona selamat sekolah memang untuk fasilitas penyebrangan dan keselamatan , namun bukan hanya ZOSS saja , zebra cross serta rambu-rambu juga dapat difungsikan sebagai penyebrangan dan keselamatan bagi penyebarang jalan.

“Nantinya akan kami pertimbangkan akan dibuat apa ZOSS atau marka zebra cross ” ,ujar Ari.

Kata Ari Ditahun 2018 ini , kami akan membuat tujuh titik ZOSS dan untuk marka jalan, itu kan didalam termoplas, jadi itu tergantung kebutuhan atau usulan masyarakat , tapi dilihat juga dari skala prioritasnya ,

Lebih lanjut Ari mengatakan saat ini sudah dalam proses pemenang lelang dan untuk di SDN Cipayung Tole Iskandar, Insyaallah kami prioritaskan. Sudah saya bicarakan kepada kepala Dinas. Ujar Ari.

Mudah – mudahan ditahun ini untuk ZOSS dapat dirampungkan”, ungkap Ari

Untuk diketahui Zona sekolah atau lebih dikenal sebagai Zona Selamat Sekolah (Zoss) adalah suatu kawasan disekitar sekolah yang perlu dikendalikan lalu lintas kendaraan menyangkut kecepatan, parkir, menyalib, pejalan kaki yang menyeberang jalan.

Pengendalian perlu dilakukan mengingat banyak anak-anak sekolah yang berjalan kaki menuju sekolah.

Pemkot kota Depok yang telah mendapatkan penghargaan sebagai kota layak anak, tapi di SDN Cipayung Tole Iskandar masih belum tersentuh sebagai layak anak .

(dot)