Tingkatkan produktivitas Cabai, Kades Kretek Gandeng PT. DGW Adakan Penyuluhan

0


Bondowoso| Sketsaonline. com – Keberhasilan Desa Kretek Kecamatan Taman Krocok dalam mengelola lahan perkebunan cabai menjadi trend tersendiri bagi petani melenial di desa ini dalam meningkatkan produktivitas cabai.

Kepala Desa Kretek, Sugianto, mengatakan motivasi dirinya menjadi kades tidak lain hanya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, baik segi pembangunan maupun perekonomian.

“Di Desa Kretek ini cukup banyak potensi yang bisa digali, mulai sektor pertanian, perkebunan, dan ternak . Alhamdulillah selama ini hasil cukup maksimal, ” Katanya.

Dikatakannya, saat ini warga Desa Kretek sedang giat menanam cabai. Jenis cabai yang ditanam para petani yaitu cabai rawit dan cabai keriting. Budidaya cabai bisa menjadi komoditas yang menjanjikan.

“ Dan Kita wajib bersyukur dengan hasil panen cabai yang cukup meningkat ini, hal ini tak lepas dari dukungan serta bimbingan dari Pt. Dharma Guna Wibawa sebagai patner bagi para petani yang ada di Desa ini, yang telah menyediakan produk obat-obatan untuk pertanian cabai. ” Tuturnya.

Sugianto juga menambahkan, kalau dengan berkolaborasi bersama PT. DGW petani cabai di desa Kretek, mulai dari pembibitan sampai pasca panen sangatlah membantu, tak hanya itu ia juga mendorong kelompok petani cabai Desa Kretek untuk mendirikan sebuah koperasi.

” Dengan terbentuknya koperasi, posisi petani cabai akan semakin kuat, adanya koperasi akan membuat para petani cabai lebih kuat dan daya tawarnya semakin tinggi, keberhasilan petani cabai di Desa ini juga menjadi stimulus bagi masyarakat agar lebih rajin dan giat dalam melakukan kegiatan menanam cabai. ” Harapnya.

Sementara itu, selain para petani cabai yang hadir dalam acara tersebut, Babinsa Koramil 0822/03 juga Bhabinkamtibmas Desa Kretek Kec. Taman Krocok juga turut mensupport acara penyuluhan petani cabai yang di gelar Sabtu ( 15/02 ) di halaman SD Negeri 01 Kretek. ( Bam” S )