Tips and Trick Menghadapi UN dan SBMPTN

0
Ilustrasi

Sketsa – Kelas 3 SMA merupakan masa-masa dimana kamu akan menentukan awal kemana kamu akan melanjutkan hidup, entah itu kuliah, akan bekerja ataupun yang berpikiran untuk menikah.

Dititik ini merupakan hal yang terberat, dimana kamu juga harus mengahadapi banyaknya ujian disekolah, dan mungkin untuk kamu yang ingin kuliah, waktu ini adalah waktu dimana kamu sibuk-sibuknya mencari universitas yang terbaik dan jurusan yang sesuai kamu inginkan.

Kuliah di universitas negri yang terkemuka merupakan idaman setiap orang. Tapi hal itu bukanlah merupakan hal yang mudah untuk dilakukan, akan banyak rintangan yang akan kamu hadapi. Ribuan orang sebelum kamu, bahkan gagal mendapat universitas negri yang dia inginkan

Mungkin sekarang kamu sedang mencoba berbagai cara untuk masuk PTN mulai dari SNMPTN, SBMPTN, dan lainnya. Dimana kamu harus bersaing dengan ribuan orang untuk mendapatkan kursi di PTN yang kamu inginkan

Pada waktu ini bukan lagi waktu dimana kamu hanya bersantai-santai, tapi mulailah dengan sesuatu yang bisa menunjang cita-cita kamu, dan untuk kamu yang ingin kuliah di PTN kamu harus lebih ekstra dalam belajar.

Mungkin kamu yang ingin berjuang di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri (SBMPTN) bingung cara membagi waktu untuk belajar, dimana kamu pulang sore dari sekolah, harus mengerjakan tugas, ujian yang full tiap minggu dari mulai ujian praktek, ujian sekollah, simulasi UN dan lainnya.

Ini merupakan beberapa Tips yang mungkin bisa membantu kamu untuk menghadapi UN dan SBMPTN :

1). Kamu harus mempunyai management waktu yang baik.

2). Buang aktivitas yang tidak penting, seperti main game, nonton drama korea, nongkrong dengan teman, chatting yang tidak berfaedah, dll.

3). Kamu harus mempunyai target setiap harinya.

4). Kamu harus membuat target untuk jadwal belajar kamu sendiri, misalnya hari senin kamu akan belajar Matematika dan menyelesaikan tentang bab Trigonometri.

5). Jangan hanya Fokus untuk belajar UN saja tapi kalian juga harus memikirkan SBMPTN.

6). Misalnya jam 19.00-21.00 malam kalian belajar TPA SBMPTN dan jam 21.00-23.00 kalian belajar untuk UN.

7). Banyak- banyak mempelajari soal tahun-tahun sebelumnya, baik itu UN ataupun SBMPTN.

8). Membuat kelompok belajar, Buatlah kelompok belajar dengan orang-orang yang juga ingin kuliah “ yang sungguh-sungguh” agar kalian bisa saling menyemangati dan jika ada soal yang tidak bisa kamu pecahkan ada teman yang bisa membantu

9). Minta do’a orang tua dan lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta.

Disini kamu harus rela dimana ketika orang lain sudah terlelap asik dengan mimpinya, kamu masih berkutat dengan soal dan buku pelajaran dan ketika orang lain main dan bersenang- senang kamu juga masih harus berkutat dengan soal.

Tapi kamu juga harus ingat jangan terlalu memforsir diri dengan terus belajar, sempatkan juga waktu untuk bertemu teman atau sekedar refreshing agar tidak stress dalam menghadapi ujian.

Percayalah setiap perjuangan yang kamu lakukan tidak akan ada yang sia-sia hidup ini pilihan, entah merubah diri untuk lebih baik atau merasa cukup dengan apa yang sudah di dapat, karena hidup dan masa depan mu kamu lah yang berhak menentukannya.

Penulis : Julia Indah Awalia, Mahasiswi STEI SEBI Jakarta, Beasiswa 100% SDM Ekspad jurusan Akutansi