Tips melawan rasa malas

0
Foto : Istimewa

Menurut KBBI, malas itu tidak mau bekerja atau mengerjakan sesuatu. Malas juga mempunyai kata kerja yang beragam antara lain : malas-malasan, bermalas-malas (duduk, tiduran, dsb. Tanpa berbuat sesuatu), memalaskan (menjadikan atau menyebabkan malas), pemalas (orang yang suka malas), dan kemalasan (sifat). Pada zaman sekarang, malas disebut juga dengan “mager” atau malas gerak.

Biasanya, rasa malas muncul karena tidak ada motivasi yang dapat membuat seseorang itu bergerak atau beraktivitas. Meskipun sepele, namun rasa malas dapat berdampak besar bagi keseharian seseorang. Rasa malas dapat membunuh keinginan untuk menjadi produktif dan maju dalam bidang tertentu. Rasa malas akan menjadi kebiasaan jika kita tidak mencoba untuk melawannya.

Terkadang memang rasa malas sesekali amat sangat menyenangkan, setelah berlelah-lelah ria, lalu membalasnya dengan bermalas-malas ria pula. Tapi, sadarkah kamu, bahwa hal seperti itu sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan. Karena rasa malas ternyata disebabkan oleh gangguan otak.

Kenapa rasa malas bisa muncul pada otak kita?

Menurut informasi yang didapat melalui Live Science, para peneliti telah melakukan pemindaian dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk meneliti motivasi dan rasa malas. Hasil scan menunjukkan bahwa ketika orang memutuskan untuk melakukan sesuatu, korteks pra-motor pada otaknya cenderung menyala sesaat sebelum titik lain di otak yang mengendalikan gerakan menjadi aktif.

Namun pada orang yang malas, korteks pra-motor ini justru tidak menyala karena koneksinya terputus. Peneliti menduga bahwa koneksi otak yang menghubungkan “keputusan untuk melakukan sesuatu” menjadi tindakan nyata menjadi kurang efektif pada orang yang malas. Akibatnya, otak mereka harus melakukan upaya lebih keras untuk mengubah keputusan yang diambil otak menjadi tindakan aksi yang nyata.

Nah, untuk menghindari rasa malas yang semakin menjadi-jadi, maka dari itu berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk menangkal rasa malas.

Jangan menunda
Usahakan untuk segera menyegerakan suatu pekerjaan agar tidak menjadi beban.

Buat target
Buatlah target penyelesaian, agar termotivasi untuk segera menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Ingat kembali “why” anda
Ingatlah kembali tujuan utama “kenapa saya harus melakukan pekerjaan ini?”, agar anda memiliki rasa tanggung jawab untuk menyelesaikannya.

Tanyakan apa yang salah
Terkadang, rasa malas muncul ketika kita merasa tidak melakukan sesuatu yang disukai. Jika merasa seperti itu, maka tanyakan pada diri kita “apakah ini yang saya inginkan?” atau, “apa yang yang sebenarnya ingin saya lakukan?” coba tanyakan pada diri sendiri mengenai apa yang kurang, dan coba dengarkan kata hati.

Paksa dirimu untuk selalu tepat waktu
Kalau sudah merencanakan akan mengerjakan sesuatu pada siang hari, maka mulai lakukan di saat sian hari yang kamu tentukan itu. Jangan memaklumi untuk memulai 30-45 menit setelah waktu yang kamu tentukan. Berlatihlah untuk menjaga komitmen diri lewat rencana jadwal yang kamu tetapkan.

Link referensi :
https://bangka.tribunnews.com/2016/04/08/10-tips-cara-menghilangkan-rasa-malas-yang-berlebihan
https://today.line.me/id/pc/article/Rasa+Malas+Ternyata+Disebabkan+Gangguan+di+Otak+Bagaimana+Mengatasinya-GO22Vy
https://www.idntimes.com/life/inspiration/bayu/cara-menghilangkan-rasa-malas/full

Ditulis oleh :
Qotrunnada Nisrina Najifah
Mahasiswa STEI SEBI
Jurusan Manajemen Perbankan Syari’ah