Ukir Catatan Sejarah Baru Pemdes Laiyolo Rayakan Puncak HUT RI ke 75 di Bawah Air

0

Semangat peringatan puncak hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 menggema dari arah bawah laut, perairan Desa Laiyolo, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya, berkumandang dari bawah laut, pantai Laiyolo mengiringi detik-detik pengibaran bendera merah putih yang dilaksanakan dalam rangka untuk mengisi dan memeriahkan puncak peringatan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75, hari, Senin, (17/08) pagi.

Upacara bendera kali pertama diselenggarakan Pemdes Laiyolo, bersama elemen warga masyarakat dan generasi pemuda dengan melibatkan empat puluh lima orang peserta, delapan orang penyelam, dan tujuh belas unit perahu sampan fiber.

Prosesi pengibaran bendera merah putih di bawah air, dihadiri perwakilan organisasi persatuan olahraga selam seluruh Indonesia (Possi) Cabang Selayar, dan Selayar Marine Dive, serta elemen persatuan mahasiswa Bontosikuyu (PMB), bersama anggota pramuka gudep SMKN 3 Selayar.

Kepala Desa Laiyolo, Bakhnur Arfandi menjelaskan, “rangkaian upacara pengibaran bendera merah putih di bawah air yang diselenggarakan Pemerintah Desa Laiyolo, turut dihadiri, Kanit Poa, Polres Kepulauan Selayar, Bripka Yasnur, dan Sekretaris DPD KNPI Selayar, Said Marikar, tokoh masyarakat dan elemen tokoh pemuda”.

“Penyelenggaraan prosesi pengibaran bendera merah putih di bawah air, merupakan kegiatan kali pertama, sepanjang catatan sejarah Pemerintahan Desa Laiyolo yang dilaksanakan dalam rangka untuk mengaktualisasikan semangat kebangsaan dan menanamkan nilai-nilai pancasila sebagai pedoman dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia”

“Ini sesuai dengan thema sentral peringatan hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tahun ini yang mengetengahkan thema, “Indonesia Maju yang disimbolkan lewat logo bangga buatan Indonesia”, terangnya kepada awak media, saat dihubungi via salurah telefon selular, hari, Senin, (17/08) malam. (Andi Fadly Dg. Biritta)