UNBK di Sorong Dimajukan Bulan Maret 2019

0

SORONG-Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang sedianya di selenggarakan bulan April tahun berjalan, untuk UNBK tahun 2019 ini dimajukan ke bulan Maret 2019.

Demikian disampaikan Humas SMK Neg 1 Kota Sorong Drs.Agustinus Hotman Parulian Ompusunggu MM mewakili Kepala Sekolah ketika dikonfirmasi Sketsa Senin,(4/2/19) diruang kerjanya.

“Sesuai petunjuk dari Provinsi Papua Barat, karena kami (SMK-red) sudah di bawa perintah Provinsi Papua Barat ,ujian nasional berbasis komputer di gelar bulan Maret dengan alasan di bulan April 2019 tepatnya 17 April adalah pemilihan calon presiden dan wakil calon presiden RI.Jadi UNBK di laksanakan selama 4 hari yaitu tanggal 25.26.27 dan 28 Maret 2019,” terang Ompusunggu.

Menyangkut rutinitas menghadapi UNBK.di SMK Neg 1 Kota Sorong kata Ompusunggu telah terlaksana seperti ujian simulasi UNBK dengan tujuan untuk melatih siswa calon peserta UNBK serta siap menghadapi UNBK nanti.

“Kami sudah laksanakan simulasi mulai tanggal 4,6 dan tanggal 7 dengan soal soal Bahasa Indonesia Matematika dan Bahasa Indonesia.Namun sebelumnya kami telah melaksanakan yang namanya ujian sekolah.berstandart nasional ( USBN),” katanya lagi.

Khusus untuk USBN ini soal ujian 25 persen dari pusat ,75 persen dibentuk oleh musyawarah guru mata pelajaran dari Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat.” SMA dan SMK di Kota dan Kabupaten sudah dibawa Provinsi.Walikota dan Bupati tidak mengurus SMA dan SMK.Yang di urus tingkat TK,SD dan SMP saja,” ujarnya lagi.

Jumlah siswa SMK.Neg 1 Kota Sorong sebanyak 728 dari 8 jurusan diantaranya jurusan teknik komputer dan jaringan, Akutansi , Administrasi perkantoran, Multi Media, Geologi Pertambangan dan Perbankan serta jurusan usaha.

Ditanya lagi, kesiapan komputer menghadapi UNBK menurut Humas Hotman Ompusunggu UNBK dibagi 3 sesi mengingat kesiapan komputer hanya 320 komputer.

Dijelaskan, 3 sesi pengaturan waktu dari pukul 07.30 sampai dengan pukul 16.30 atau pukul 05.30 WIT dengan diawasi 1 pengawas dengan 2 teknisi di masing masing ruangan.( JOS)

Baca juga : UNIMUDA Miliki Program Study Psikologi