Ungkap Human Traffikcing Bukti Nyata Lokalisasi GS Masih Aktif

0

Situbondo | Sketsaonline. com – Bermula adanya laporan dari Ketum GP Sakera yakni Syaiful Bahri ke Unit Intel Polres Situbondo Sekitar pukul 11 malam kalau pihaknya di hubungi oleh Intel Kodim terkait adanya laporan dari warga dari Bandung berinisial D yang mengaku kehilangan kontak dengan adiknya dan sudah laporan ke KPAI.

Setelah dikonfirmasi ke KPAI memang betul ada pengaduan, dan Ketum GP Sakera langsung berkoordinasi dengan Pihak Polres Situbondo melalui Intelkam Polres Situbondo, ” Dan Sekitar pukul 15.00 WIB kemudian Gp Sakera mendapatkan informasi bahwa Adik kandung dari D sudah berhasil di temukan dan sudah di amankan di Unit PPA Polres Situbondo. ” Kata Syaiful Bahri.

Hal ini sekaligus menguak isu yang selama ini beredar di Masyarakat terkait adanya Human Trafficking di Lokalisasi Gunung Sampan Kotakan Situbondo yang berhasil di ungkap oleh Polres Situbondo dan Kodim 0823 bersama Tim Gp Sakera.

Salah satu korban yang berhasil diamankan oleh Polres Situbondo, menceritakan kalau dirinya sudah sebulan lebih disekap serta dipaksa melayani lelaki hidung belang di Lokalisasi GS Kotakan Situbondo.Gadis berinisial N dari kota Bandung tersebut menuturkan kalau dirinya ajak oleh M untuk bekerja sebagai Pemandu Karaoke,

” Karena iming-iming gaji besar akhirnya saya mau, dan saya tidak datang sendiri tapi berlima dengan teman, namun di tengah perjalan saya baru di kasih tahu kalau tidak hanya sebagai Pemandu Karaoke namun juga melayani pria hidung belang. ” Tuturnya saat di Unit PPA Polres Situbondo.

Dan ke 5 Anak tersebut menurut N semuanya masih berusia di bawah umur bahkan salah satunya ada yang masih berusia 14 Tahun.

“ saat ini Kami bahagia mas, bagaimana tidak,? setiap hari saya di paksa untuk melayani 7 hingga 8 laki. saya di marahi ketika saya bilang sudah tidak sanggup setelah melayani 5 laki laki dalam 1 hari. Ungkap N kepada team S One.

Sementara itu Kasat Reskrim Polres Situbondo AKP Masykur kepada team S One mengatakan kalau Dari laporan masyarakat tersebut pihaknya melakukan lidik langsung ke lapangan, ” Alhamdulillah dalam kurun kurang dari 24 Jam kami berhasil menemukan korban dan langsung kami amankan di Polres Situbondo untuk di ambil keterangannya. Ujarnya

“dari keterangan awal korban ada dugaan kuat terjadinya Human Trafficking dan Korban masih di bawah umur, ” untuk selanjutnya kami melakukan pengejaran ke saudari M yang di duga sebagai bagian dari Human Trafficking ini, mengenai pasal dan Undang-undang apa yang akan kenakan, akan kami umumkan setelah penyelidikan ini lengkap. ” Imbuhnya.

Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono yang langsung datang dan menemui korban di unit PPA Polres Situbondo mengatakan “ Ini keberhasilan yang luar biasa karena kerjasama yang baik antara TNI dan Polri serta peran masyarakat, saya memerintahkan untuk segera mengusut hingga ke akar-akarnya.

“Pihak kepolisian akan terus melakukan pengejaran bagi pelaku yang belum tertangkap, apalagi usia korban masih di bawah umur, Silahkan jika ada informasi apapun di beritahukan kepada kami karena itu menjadi tugas kami untuk menindaklanjuti laporan dan pengaduan masyarakat “ paparnya.( Hfz ).