Upayakan Tepat Sasaran, Kades Trebungan Gelar Musdes Penetapan Penerima BLT Dana Desa

0

Bondowoso| Sketsaonline. com – Sebanyak 151 Kepala Keluarga di Desa Trebungan Kecamatan Taman Krocok mendapatkan Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) dari Dana Desa tahun anggaran 2020.

Hal ini mengacu kepada Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 yang didakan perubahan Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020 kaitannya dengan penggunaan Dana Desa dalam rangka mengatasi dampak sosial ekonomi akibat pandemi virus Corona/COVID – 19 telah digulirkan Program Bantuan Langsung Tunai/BLT – Dana Desa yang dapat digunakan untuk bantuan langsung tunai kepada Keluarga Miskin di desa.

Setelah melalui proses pendataan lapangan yang dilakukan oleh Pemerintah desa bersama relawan Desa Lawan COVID – 19, akhirnya Kepala Desa Trebungan Kec. Taman Krocok, Jamin Hermanto Minggu (17/05) melalsanakan Musdes validasi dan finalisasi penetapan penerima BLT Dana Desa Tahun 2020 di pendopo Balai Desa Trebungan.

Jamin Hermanto dalam sambutanya mengatakan bahwa Musdes Khusus ini merupakan forum tertinggi di Desa Trebungan dengan menghadirkan semua pihak agar dalam pengambilan keputusan penetapan calon penerima BLT – DD dapat disetujui dan diterima semua pihak, ” Melalui musyawarah ini tidak akan ada masalah nantinya dikemudiaan hari. ” Katanya.

Kades Trebungan menambahkan bahwa, ” Usulan data dari para Ketua RT dan RW ini diharapkan merupakan data riil dilapangan dan kita verifikasi agar calon penerima tidak mendapatkan bantuan ganda baik dari program PKH, BPNT, BST dari Kemensos atau bantuan – bantuan lain,

Karena dari banyaknya program yang dikucurkan oleh pemerintah kepada masyarakat harus benar – benar terseleksi siapa yang layak menerima dan supaya tepat sasaran bahkan dari 498 KK hanya 78 KK yang tidak mendapatkan Bantuan dikarenakan kondisi sosial ekonominya tergolong mampu yakni PNS dan Karyawan Swasta , ” Ujar Jamin Hermanto.

Pantauan dari media ini, 420 KK yang mendapat bantuan dari Pemerintah 88 KK dari Program PKH, Program BPNT sebanyak 52 KK, BLT Kemensos 7 KK, BPNT Peluasan 77 KK, JPS 45 KK dan BLT Desa 151 Kepala Keluarga.

Sementara itu, Kegiatan Musdes Khusus ini dihadiri Camat Taman Krocok, Kepala Desa Trebungan, BPD, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan seluruh pengurus RT / RW se Desa Trebungan juga Pendamping Desa juga ikut andil melakukan pembahasan dalam forum Musdes Khusus untuk melakukan penetapan penerima BLT Dana Desa Tahun anggaran 2020 dalam rangka dampak pandemi Covid 19. ( Bam” S ).