Waduh! Pemkot Depok akan Denda Warganya yang Tidak Pakai Masker

0
Wali Kota Depok, Mohammad Idris

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, mulai Kamis (23/07/2020) mendatang akan memberikan sanksi kepada warganya yang tidak menggunakan masker saat keluar rumah.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, sanksi tersebut tertuang dalam Peraturan Wali Kota Depok Nomor 45 Tahun 2020, dalam rangka upaya penerapan protokol kesehatan terutama penggunaan masker.

“Bagi yang melanggar (tidak menggunakan masker), bakal didenda sebesar Rp 50.000, atau diberikan sanksi sosial,” kata Mohammad Idris dalam keterangan resminya di Depok, Minggu (19/07/2020) malam WIB.

Idris menjelaskan, sebelum penerapan sanksi diberlakukan, pihaknya melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok terlebih dahulu akan mengampanyekan safari Gerakan Bermasker.

Safari Gerakan Bermasker tersebut, lanjut Idris, akan dilaksanakan di beberapa titik keramaian dan di sejumlah kecamatan di Kota Depok, mulai Senin, 20 Juli 2020 hingga Rabu, 22 Juli 2020.

“Safari Gerakan bermasker ini bukan merupakan kegiatan yang baru dilakukan, tetapi melanjutkan kegiatan-kegiatan sosialisasi yang sudah dilakukan selama ini,” tegas Idris.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut, tambah Idris, untuk mengingatkan kembali warga akan pentingnya menggunakan masker.

Nantinya, kegiatan tersebut akan disinergikan dengan kegiatan edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), terutama untuk meningkatkan imunitas dari ancaman Covid-19 di Kota Depok.

“Jadikan masker menjadi bagian dari kebutuhan setiap individu, agar terhindar dari penularan Covid-19,” pungkasnya. (Idris/hrln)