Walikota Batam Resmi Buka Program TMMD Ke-108 Kodim 0316/Batam

0

Kepri, Batam – sketsaonline.com | Walikota Batam H. Muhammad Rudi, S.E., M.M. membuka secara resmi program kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108 Kodim 0316/Batam, acara pembukaan TMMD ini dilaksanakan di Panggung dataran Engku Putri Kota Batam, Selasa (30/6/20) pukul 09.00 WIB.

Dalam acara pembukaan TMMD Ke-108 Kodim 0316/Batam TA. 2020 tersebut turut hadir para pejabat TNI-Polri Danrem 033/Wira Pratama Brigjen TNI Harnoto, Kasiter Korem 033/WP Kol. Inf. Persada Alam, Danlanal Batam Kol. Laut Ahlan Dahlan, Dandim 0316/Batam Letkol Inf. Ahmad Daud Harahap, Kapolresta Barelang AKBP Purwadi Wahyu Anggoro, S.I.K., M.H., Danlanud Hang Nadim Letkol Pnb. Urip Widodo, Danyonif Raider Khusus 136/Tuah Sakti Letkol Inf. Hasbul Lubis, Danyon Mar 10/SBY Letkol Mar Alim Firdauas, Dansat Brimob Polda Kepri Kombes Pol. Mohamad Rendra Salipu, S.I.K., M.Si. beserta Danden Pom I/6 Mayor CPM Joao Cesar Dacosta Corte Real.

Turut hadir juga para pejabat sipil Walikota Batam H. Muhammad Rudi, S.E., M.M., Wakil Walikota Batam Bapak Amsakar Ahmad, S.E., M.M., Ketua DPRD Batam Bapak Nuryanto, S.H., Kajari Kota Batam Bapak Dedie Tri Hariyadi, S.H., M.H., Ka. Pengadilan Kota Batam Bapak DR. Syahlan, S.H., M.H., Asisten I Pemko Batam Bapak Yusfa Hendri, Asisten II Pemko Batam Bapak Febri Alin, Ka. Kemenag Kota Batam Bapak Zulkarnain, Kadis Hub Kota Batam Bapak Rustam Efendi, Ka. Dinsos Kota Batam Ibu Hasyimah, Kadis Perkimtan Kota Batam Bapak Dr. Eryudihi Apriadi, Ka. Dinkes Kota Batam Bapak Didi Kusmarjadi, Ka. BAPPEDA Kota Batam Bapak Wan Darussalam, Camat Sagulung Bapak Reza Khadafy, Ketua FKPPI Kota Batam Bapak Ahmad Zuhri Nasution, Ketua PP Kota Batam Bapak Darwin Sijabat beserta 5 orang warga perwakilan masyarakat kampung Tanjung Gundap.

Kegiatan tersebut di awali dengan Laporan Pembukaan TMMD ke – 108 TA. 2020 dilanjutkan Pembacaan Kesiapan Pelaksanaan TMMD ke – 108 TA. 2020 lalu diteruskan Penandatanganan Naskah Penyerahan Pekerjaan dan Penandatanganan Naskah kesepahaman antara Kodim 0316/Batam dengan Dinas Perkimtan Kota Batam kemudian penyerahan alat kerja secara simbolis berikut mendengarkan sambutan Walikota Batam sekaligus Penyataan pembukaan TMMD ke – 108 TA. 2020.

Pada kesempatan tersebut Dandim 0316/Batam Letkol Inf Ahmad Daud Harahap menyampaikan kepada wartawan bahwa hari ini tanggal 30 Juni tahun 2020 adalah pembukaan serentak kegiatan TMMD secara nasional.

“Ini adalah acara pembukaan TMMD ke – 108 sampai dengan 1 bulan kedepan yaitu tanggal 30 Juli tahun 2020, dalam kegiatan TMMD ke – 108 ini kami melaksanakan kegiatan fisik dan non fisik,” ujar Letkol Inf Ahmad Daud Harahap.

Letkol Inf. Ahmad Daud Harahap juga menuturkan bahwa sasaran fisik yang sedang di kerjakan adalah semenisasi jalan sepanjang 1.063 m, pembuatan 2 unit pos Kamling, pembangunan Tribun lapangan sepakk bola beserta 2 unit tiang gawang yang semua kegiatan tersebut dilaksanakan di kampung Tanjung Gundap Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam sebagai lokasi kegiatan TMMD Ke – 108 Kodim 0316/Batam TA. 2020.

“Sedangkan kegiatan non fisik adalah memberikan edukasi tentang situasi saat ini dimana kita dalam Pandemi Covid-19, baik itu penerapan protokol kesehatan, juga nanti akan ada penyuluhan tentang materi Bela Negara, Bahaya Narkoba, pelatihan keterampilan ekonomi kreatif dan lain sebagainya,” tutur Dandim 0316/Batam.

Lanjut Dandim 0316/Batam bahwa pihaknya juga sudah mulai melaksanakan pra TMMD pada tanggal 22 Juni 2020 yang lalu untuk mengantisipasi agar target bisa tercapai.

“Ada 110 anggota kita yang terlibat dalam SSK TMMD ke – 108 ini, baik itu dari Angkatan Darat, Laut, Udara maupun dari unsur Polri dan kita juga akan melibatkan ormas dan mahasiswa selain pelibatan masyarakat setempat tentunya,” ungkap Ahmad Daud.

Sementara itu, Walikota Batam HM. Rudi mengatakan bahwa TMMD ke – 108 tahun 2020 ini ini sedikit berbeda dengan sebelumnya, dimana kegiatan TMMD kali ini dalam situasi pandemi Covid-19.

“Oleh sebab itu bagaimana kita TNI dan masyarakat untuk dapat menyatu dalam memutuskan mata rantai Covid-19, dan mengedukasi masyarakat bahwa situasi yang kita hadapi sangat berbahaya,” ujar Walikota Batam.

Walikota Batam juga menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan TMMD membangun infrastruktur merupakan wujud sinergitas dengan melibatkan unsur TNI dan partisipasi masyarakat.

Berdasarkan pantauan wartawan dilapangan terlihat acara dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan, dan juga adanya rapid test bagi seluruh personil yang terlibat Satgas TMMD ke – 108 Kodim 0316/Batam Ta. 2020 yang telah di laksanakan pada H-1 kemarin.

Setelah acara Pembukaan TMMD ke – 108 Kodim 0316/Batam TA. 2020 selesai, kegiatan dilanjutkan dengan meninjau kegiatan TMMD di kampung Tanjung Gundap Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam.

(J. Sinurat)